Demi Elektabilitas, Demokrat Siap Pinang Jokowi Jadi Capres

  • Share

BabatPost.com – Partai Demokrat siap meminang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk mengikuti konvensi calon presiden. Langkah Demokrat tersebut dinilai hanya untuk menaikkan elektabilitas. “Langkah Partai Demokrat itu merupakan langkah untuk menyelamatkan diri dari keterpurukan,” kata Direktur Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) Toto Sugiarto

Dengan mencoba menggaet Jokowi, Toto melihat Demokrat ingin kembali mendapat simpati rakyat. Ia sendiri melihat kemungkinan Jokowi mengikuti konvensi tersebut sangat tipis.
“Jokowi jelas tidak akan bersedia, dia akan fokus mengurus DKI. Orang Demokrat tahu itu,” kata Toto.

Berita Terkait :  Inilah Kehebohan yang Ditimbulkan Jokowi di Media Sosial Pada Tahun 2016

Namun, Toto mengatakan Demokrat hanya ingin memanfaatkan nama baik Jokowi untuk memperbaiki citra dan elektabilitas partai berlambang bintang mercy itu yang jatuh ke titik nadir. Keputusan Demokrat menggelar konvensi, kata Toto, akan berhasil mengangkat citra jika dilakukan secara demokratis terbuka. Namun, ia melihat konvensi akan dilakukan hanyalah trik untuk membohongi pemilih. Mereka yang akan berlaga adalah orang yang diundang dan pemenangnya sudah ditentukan.

“Jadi ide konvensi di Demokrat hanya akal-akalan membohongi publik. Itu setidaknya yang bisa dilihat setelah mencermati langkah-langkah yang dilakukan elite Demokrat,” katanya.
Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf, menyatakan Partai Demokrat akan melaksanakan konvensi untuk menjaring calon presiden dan wakil presiden. Dalam konvensi tersebut, tidak tertutup kemungkinan juga mengundang Gubernur DKI Jakarta itu untuk maju.

Berita Terkait :  Annisa Pohan positif Covid-19, AHY lakukan isolasi mandiri - Viral & Trending

“Bisa juga, kenapa enggak? Mungkin saja, kita membuka komunikasi dengan semua,” kata Nurhayati, saat ditanya rencana untuk mengundang Joko Widodo dan berkoalisi dengan PDI-P, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (30/5/2013) kemarin.

Pendaftaran peserta konvensi calon presiden akan dimulai pada Agustus 2013 mendatang. Saat ini, beberapa persiapan tengah dimatangkan. Pada Juni 2013, Partai Demokrat akan memulai tahapan dengan mengatur mekanisme peserta konvensi. Komite konvensi dan panitia seleksi akan dibentuk sebelum Agustus 2013. Saat ini, tim seleksi tengah dibentuk dan akan diumumkan pada Juni 2013.

Berita Terkait :  Jokowi Diminta Segera Reformasi Kepolisian

Baik calon internal maupun eksternal diperkenankan mendaftar sebagai kandidat capres. Partai Demokrat akan menetapkan kriteria tertentu untuk menjaring setidaknya 15 calon. Setelah itu, akan ada tahapan kampanye ke daerah-daerah dan dilanjutkan dengan survei.

  • Share