Warga Tangkuban Perahu siapkan jalur evakuasi

BabatPost.com – Warga di Kabupaten Subang, Jawa Barat, menyiapkan kemungkinan terburuk terkait letusan Gunung Tangkubanparahu. Gunung yang dikenal dengan legenda Sangkuriang itu berdiri di dua kabupaten, yakni Subang dan Bandung Barat.

Sepanjang hari ini saja, Gunung Tangkubanparahu sudah tiga kali meletus. Letusan disertai hujan abu vulkanik. Meski demikian, warga yang bermukim di kaki Gunung Tangkubanparahu, tepatnya di Desa/Kecamatan Ciater, Subang, masih beraktivitas seperti biasa.

Warga mengaku tidak panik sejak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung tersebut dari Normal menjadi Waspada, pada Sabtu, 5 Oktober 2013.

Wari, warga setempat, Selasa (8/10/2013), mengatakan, sejak letusan Maret dan April 2013, warga sudah lebih siap. Jalur evakuasi pun sudah disiapkan. Jalurnya menuju dataran tinggi di sekitar Tangkubanparahu, seperti Gunung Malang, Gunung Cinta, dan Gunung Palasari.

Berita Terkait :  Puskapol UI sarankan transparansi nilai seleksi anggota KPU-Bawaslu

Selain itu, kata Wari, warga juga menyiapkan posko bencana untuk memberikan informasi perkembangan status gunung secepat mungkin kepada warga. Posko inilah yang dijadikan sumber referensi warga untuk mengetahui kondisi terakhir aktivitas gunung.

Dengan adanya posko tersebut, tidak ada informasi simpang siur yang menyebabkan kepanikan.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More