Jika Kelamaan Memasak Cumi Jadi Keras

  • Share

Koranindo.com – Cumi menjadi pilihan sebagian orang untuk dimakan. Salah satu jenis seafood ini punya rasa dan aroma yang segar ketika disantap. Tapi hati-hati, salah memasak cumi bisa jadi keras.

Menikmati cumi, tak jarang Anda menemukan cumi jadi keras ketika dikunyah. Tentunya, ada yang salah dalam proses pemasakannya.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa menyebabkan cumi jadi keras ketika dikonsumsi.

Terlalu lama Memasak
Dalam memasak cumi, waktu memasak sangat penting diperhatikan. Cukup masak cumi selama 10 hingga 15 menit saja. Sebab, terlalu lama masam maka daging akan jadi keras dan susah dicerna.

Berita Terkait :  Segar, Berbagai Variasi Sop Durian di Cafe Durian Kings, Lampung

Lumuri cuminya
Jika ingin menggoreng cumi dengan memakai bumbu lainnya, maka ada baiknya cumi dimasukkan ke dalam bumbunya, barulah digoreng ke dalam minyak yang panas.

Perhatikan minyaknya
Persoalan yang satu ini kerap dijadikan hal yang sepele. Dalam menggoreng cumi, maka perhatikan suhu minyak yang dipakai. Bila minyaknya masih dingin, maka akan membuat pori-pori cumi jadi tertutup. Otomatis, cumi jadi keras.

Matangkan bumbunya
Agar cumi mudah dikunyah dan ditelan, maka ada baiknya pemakaian bumbunya harus dimatangkan terlebih dahulu, kemudian masukkan cuminya selama satu menit. Cara ini berlaku, pada olahan cumi yang ingin ditumis.

Berita Terkait :  Jangan Simpan Roti di Kulkas!

Pemotongan cumi
Cumi jadi keras, salah satunya karena faktor pemotongan. Lakukan pemotongan dengan cara dibelah dan potong menjadi persegi panjang. Perlu diingat, bila pemotongan cumi terlalu tebal, maka tentunya akan memperlambat kematangan cumi yang digunakan.

  • Share