Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

  • Share

MENGGORENG ikan kerap menyebalkan saat lengket di wajan. Tekstur ikan hancur hingga tak lagi menarik disajikan.

Menurut Brian, Runner Up MasterChef Indonesia Season 3, ketahui karakter ikan yang akan Anda olah. Dalam hal ini adalah teksturnya; apakah sangat lunak atau sebaliknya.

“Ikan memang punya tekstur yang lembut, berbeda dengan jenis daging lainnya. Otomatis, saat memasak ikan, Anda harus mengenali teksturnya,”

Untuk menghasilkan tekstur ikan yang sempurna usai digoreng, ada baiknya ikuti tips yang diutarakan Brian “MasterChef” berikut ini:

Berita Terkait :  Kelebihan Dan Kekurangan Bila Selai Kacang di Bekukan

Panaskan wajan dan minyak
Saat ingin menggoreng ikan, panaskan dahulu wajan sebelum digunakan kemudian tuangkan minyak goreng. Tunggu hingga minyak dan wajan benar-benar panas, barulah masukkan ikan. Bila minyak belum panas, maka suhu minyak tidak akan mampu meningkatkan suhu ikan sehingga ikan akan susah dibalik.

Gunakan daun pisang
Dengan memakai daun pisang, ikan yang akan digoreng tidak akan lengket. Daun pisang cukup tipis dan lebar sehingga bisa melindungi ikan, apalagi daun pisang bersifat antilengket.

Berita Terkait :  Resep Krim Sup Jamur Untuk Vegetarian

Pakai minyak dalam jumlah banyak
Menggoreng ikan harus selalu menggunakan minyak banyak atau deep fried. Dengan ini, ikan akan mengambang hingga seluruh bagiannya terkena dan matang merata.

Jangan sering dibolak-balik
Saat menggoreng, usahakan cukup satu kali membalikkan ikan. Tunggu bagian bawah agak mengering, barulah ikan dibalik. Bila terlalu sering membaliknya, ikan akan hancur.

  • Share