Gurame Sambal Nanas Brian

  • Share

Koranindo.com – Ikan gurame, Anda akan mudah menemuinya di restoran keluarga. Hadir dalam beragam sajian, ikan gurame untuk keluarga Anda bisa dengan siraman sambal nanas. Brian “MasterChef” membocorkan cara masaknya.

Sajian ikan air tawar ini diracik oleh Brian, Runner Up MasterChef Indonesia Season 3. Menurutnya, bagi mereka yang tak menyukai ikan air laut, maka ikan air tawar bisa jadi pilihan yang kemudian bisa dipadu dengan rasa asam dari nanas.

“Ikan air tawar kan harganya sangat sesuai dengan dompet ketimbang ikan air laut. Gunakan ikan gurame, tekstur dagingnya pun lebih lembut,”

Berita Terkait :  Resep makanan khas Malang Cwie Mie mudah sekali dimasak lho

Sebelum dimasak, bersihkan ikan gurame dan buat sayatan di setiap sisinya. Bila sudah bersih, beri perasan air jeruk nipis dan taburi garam secukupnya lalu ratakan. Goreng ikan hingga matang dan tiriskan.

“Dengan melakukan sayatan pada badan ikan gurame, tentunya proses pematangan ikan akan lebih baik. Bahkan, saat disantap pun jadi lebih enak,” tuturnya.

Lalu siapkan sambal asam nanasnya. Caranya, tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang. Tambahkan pula jahe keprek, cabe merah besar dan cabe merah kecil iris, juga daun jeruk. Tumis hingga wangi. Bila sudah wangi, masukkan tomat cincang dan masak hingga tomat layu. Tambahkan asam dan saus tomat, aduk hingga merata. Tambahkan pula air jeruk nipis serta sedikit air.

Berita Terkait :  Inilah Cabai-cabai Terpedas di Dunia

Bumbui dengan garam, lada, serta gula pasir. Beri sedikit kaldu ayam bubuk sesuai selera rasa Anda. “Bila Anda tak ingin memakai kaldu ayam bubuk, bisa ganti dengan air kaldu ayam yang diolah sendiri, rasanya lebih enak,” jelasnya.

Untuk menyeimbangkan semua rasa yang ada, kentalkan dengan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Masak hingga mengental. Selanjutnya, masukkan potongan nanas, aduk sebentar dan angkat.

Terakhir, siapkan piring saji dan letakkan ikan gurame yang sudah digoreng. Sirami dengan sambal nanas dan taburi bawang goreng.

Berita Terkait :  Resep Sate Kerang Bumbu Lengkuas

“Memasak dengan buah nanas tak perlu terlalu matang, supaya rasa asamnya tidak hilang. Aromanya pun akan lebih kuat,” tutupnya.

  • Share