Waktu Paling Tepat Minum Secangkir Kopi Adalah Pada Jam 10 Pagi

JIKA Anda terbiasa bangun tidur langsung menyeruput secangkir kopi, maka tunggu dulu hingga jelang siang. Menurut ahli waktu terbaik menyeruput kopi untuk memberikan semangat dalam menjalani hari yakni di pada pagi hari, antara pukul 09.30 – 11.30.

Hasil penelitian para ilmuwan mengatakan bahwa kafein berinteraksi dengan hormon kunci yang disebut kortisol. Hormon ini membantu mengatur jam internal di tubuh sendiri dan mempromosikan alertness (kewaspadaan atau perasaan terjaga).

“Jika kita minum kafein pada saat konsentrasi kortisol dalam darah pada puncaknya, Anda sebaiknya tidak meminumnya. Hal ini karena produksi kortisol sangat terkait dengan tingkat alertness dan puncak kortisol selama satu ritme jam 24, yakni rata-rata antara pukul 8 dan 9 pagi,” kata Steven Miller, ahli syaraf dari program studi Ilmu Kesehatan.

Berita Terkait :  Ada Buah Unik Dijual di Supermarket Inggris

Pada pukul 08.00–09.00 pagi, kadar kortisol secara alami akan berada pada puncaknya setelah Anda bangun tidur dan dapat tetap tinggi hingga satu jam setelahlah. Steven Miller berpendapat bahwa lebih baik meminum kafein setelah puncak karena mempromosikan produksi kortisol.

Dia mengatakan jika seseorang meminum kopi sementara tingkat hormon kortisol sedang tinggi, maka di dalam tubuhnya akan mengembangkan toleransi terhadap kafein. Ini berarti, orang tersebut perlu menambahkan kadar kafein dalam secangkir kopi yang diseruputnya di pagi hari untuk mendapatkan efek yang sama.

Berita Terkait :  Berkunjung ke Bangkalan kurang lengkap tanpa menyantap Makanan Khas Bangkalan berikut

Miller berani menyarankan waktu tepat minum minuman berkafein setelah memeriksa bukti bagaimana perubahan kortisol sepanjang hari dalam tubuh manusia. “Meskipun puncak kortisol antara pukul 8 dan 9 pagi, ada beberapa waktu lain di mana kortisol meningkat di dalam darah lagi, yakni antara siang sampai 13.00, dan sore antara pukul 17.30 – 18.30. Di pagi hari, kopi mungkin paling efektif jika dimenikmati pukul 09.30-11.30, ketika tingkat kortisol menurun sebelum lonjakan berikutnya,” lanjut Miller.

Berita Terkait :  Resep Omelet Telur Lezat

Kortisol juga diproduksi tubuh dalam kadar tinggi pada saat stress. Hormon ini membantu mengubah penyimpanan energi menjadi gula glukosa sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh. Semburan pelepasan energi di pagi hari menyebabkan peningkatan alertness dan juga meningkatkan rasa lapar.

Ilmuwan lainnya menemukan bahwa meminum kopi di sore hari dapat membantu mengimbangi jeda waktu setelah makan siang. Namun, waktu yang tepat kapan harus minum pagi itu secangkir kopi akan bervariasi pada setiap orang, tergantung pada siklus kortisol mereka dan waktu mereka biasanya bangun di pagi hari.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More