Kroasia Lolos ke Piala Dunia

Koranindo.com – Kroasia harus bermain dengan 10 orang sejak menit 38 saat gantian menjamu Islandia di playoff Piala Dunia 2014. Di akhir laga, Kroasia meraih kemenangan 2-0 dan dipastikan berangkat ke Brasil tahun depan.

Kroasia dalam posisi lebih diunggulkan untuk bisa lolos ke Piala Dunia setelah pada leg pertama di kandang Islandia berhasil memaksakan hasil 0-0. Dan benar saja, di kandangnya sendiri, Maksimir Stadium, Rabu (20/11/2013) dinihari WIB, skuat besutan Niko Kovac meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0.

Gol pembuka keunggulan tuan rumah dibuat Mario Mandzukic pada menit 27, namun dia kemudian diusir wasit setelah dapat kartu merah langsung di menit 38. Bermain dengan 10 orang, Kroasia masih bisa menambah satu gol lagi melalui Darijo Srna di menit 47.

Berita Terkait :  Sadar Akan Bahaya, Pelatih Kroasia Instruksikan Anak Buahnya Untuk Kunci Pergerakan Ronaldo

Setelah terpisah dari Yugoslavia, ini menjadi partisipasi keempat Kroasia di Piala Dunia setelah sebelumnya tampil di edisi 1998, 2002 dan 2006. Prestasi terbaik Kroasia adalah posisi tiga di tahun 1998.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan baru berjalan satu menit Kroasia sudah punya peluang saat tendangan Mateo Kovacic dari dalam kotak penalti untuk menyambut umpan Ivan Perisic melayang terlalu tinggi. Di menit keempat skenario serupa terjadi, namun kali ini Ivica Olic gagal menuntaskan peluang yang dia punya menjadi gol.

Islandia balik mengancam saat tendangan Gylfi Sigurdsson masih bisa dihadang. Peluang lainnya yang dipunya Alfred Finnbogason juga tak membuahkan hasil karena dia lebih dulu tertangkap offside.

Berita Terkait :  Adam Levine Gunakan Bandnya, Untuk mengajak Kencan Wanita

Kebuntuan akhirnya pecah di menit 28. Mendapat umpan dari Ivan Perisic, tendangan keras Mario Mandzukic dari sisi kanan kotak penalti gagal dihalau kiper dan berujung gol.

Hanya 10 menit setelah membuat gol, Mario Mandzukic harus meninggalkan lapangan. Dia langsung dapat kartu merah dari wasit karena dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap lawan.

Kroasia langsung menggebrak di awal babak kedua. Hasilnya, gol cepat berhasil mereka ciptakan saat laga masuk menit 47.

Tendangan kaki kanan Darijo Srna usai menerima umpan Mateo Kovacic mengarah ke sisi pojok kiri gawang tanpa bisa dihalau kiper. Kroasia kini unggul 2-0.

Dalam posisi unggul, Kroasia sama sekali tak menurunkan tekanan. Pada menit 58 mereka nyaris menambah skor saat sepakan Mateo Kovacic dari luar kotak penalti masih bisa dijinakkan di sisi kiri gawang.

Berita Terkait :  Tekuk Persija, Persipura Raih Posisi 3 ISL U-21

Islandai juga tidak langsung menyerah. Upaya untuk mencetak gol terus mereka lakukan, yang salah satunya tercipta dari tendangan Rurik Gislason pada menit 74 namun masih bisa diblok.

Susunan Pemain

Kroasia: Stipe Pletikosa, Josip Simunic, Vedran Corluka, Darijo Srna, Danijel Pranjic, Ivan Perisic, Ivan Rakitic, Luka Modric (’89 Dejan Lovren), Ivica Olic (74 Nikica Jelavic), Mateo Kovacic (’74 Ante Rebic), Mario Mandzukic

Islandia: Hannes Thr Halldrsson, Birkir Mar Saevarsson, Ragnar Sigurdsson, Kri Arnason, Ari Freyr Sklason, Johann Berg Gudmundsson, Birkir Bjarnason,Gylfi Sigurdsson, Aron Gunnarsson, (’72 Emil Hallfredsson), Alfred Finnbogason, Eidur Gudjohnsen (’64 Rurik Gislason)

 

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More