Butuh hal extreme untuk menghentikan trio Spanyol

  • Whatsapp

BabatPost.com – Honda dan Yamaha hampir pasti akan tampil mendominasi lagi musim 2014 mendatang. Sementara Ducati beserta tim-tim satelit dan CRT (Claiming Rule Teams), ditengarai masih akan mengekor trio Spanyol – Jorge Lorenzo, Danie Pedrosa dan sang juara Marc Márquez.

Tapi belakangan mulai muncul wacana di mana tim-tim macam Kawasaki, Aprilia, BMW hingga Suzuki akan kembali meramaikan MotoGP. Untuk Suzuki sendiri, sudah dipastikan comeback 2015 mendatang. Sementara yang lainnya masih “gelap”.

Read More
Berita Terkait :  Start Posisi 8, Rossi Salahkan Diri Sendiri

Padahal menurut team manager Yamaha Tech3, Hervé Poncharal, semaraknya tim-tim pabrikan yang “turun gunung” akan menjamin persaingan lebih ramai dan seru, tak seperti beberapa musim terakhir ini. Tapi memang, kendala finansial masih jadi penghadang besar.

“Kami harus mencapai titik di mana persaingannya lebih terbuka dengan biaya yang lebih rendah. Karena jelas, masalah ekonomi saat ini belum bisa diatasi dan takkan pernah pulih seperti sedia kala,” ungkap Poncharal kepada CNN, Kamis (21/11/2013).

Berita Terkait :  Maverick Vinales Terang-Terangan Bakal Agresif Mirip Jorge Lorenzo

“Kami sudah kehilangan sponsor tembakau dan operasional semua tim masih terlalu mahal. Suzuki akan kembali 2015 nanti, Kawasaki masih berpikir panjang untuk melakukan hal serupa. Begitupun brand-brand Eropa seperti BMW dan yang lainnya, masih mempertimbangkan untuk kembali,” imbuhnya.

“Hadirnya tim-tim itu (di MotoGP) akan sangat ideal. Bisa menghadirkan enam, tujuh atau bahkan delapan pabrikan, akan mendekatkan perkembangan mesin lebih cepat dari sekarang,” Poncharal melanjutkan.

Tapi untuk sementara ini, line-up MotoGP masih akan terisi dengan tiga tim pabrikan serta tim-tim satelitnya dan sejumlah tim CRT lain. Persaingan merebut podium utama di tiap seri pun juga kemungkinan masih akan didominasi Lorenzo, Pedrosa dan Márquez – kecuali jika ingin menghindari ketiganya berkuasa dengan cara yang sedikit di luar nalar.

Berita Terkait :  Bakal ke Ducati, Stoner yakin motor Ducati cocok untuk Lorenzo

“Buat saya, susunan grid tahun depan setidaknya akan lebih kompetitif, kekuatan mesin di antara tim akan lebih ketat. Tapi jika Anda ingin mencegah Márquez, Lorenzo, Pedrosa mendominasi urutan terdepan, Anda harus memotong kaki atau tangan mereka,” tandasnya.

Related posts