Pentingnya Peran Aktif Sang Ayah Bagi Anak Sejak Dini

  • Whatsapp

DALAM sebuah keluarga, seringkali ayah mengandalkan urusan perawatan anak pada pihak ibu. Padahal peran aktif seorang ayah dalam merawat anak memainkan peran penting terhadap tumbuh kembang anak sejak masa awal kelahiran.
Peran aktif seorang ayah dibutuhkan untuk mendukung dan memaksimalkan potensi kecerdasan anak di periode emas perkembangannya yaitu 0-4 tahun.

Pada 0-6 bulan pertama, bayi yang mendapatkan perawatan dari ayah terbukti memiliki nilai perkembangan motorik yang lebih baik jika dibandingkan bayi yang tidak memperoleh perawatan dari ayah.

Berita Terkait :  Sering ejakulasi tanda Vagina anda sehat

Peran aktif seorang ayah dibutuhkan untuk menstimulasi 5 dari 7 sistem sensorik pada bayi yaitu taktil (perabaan), vestibular (keseimbangan), proprioseptif (gerak antar sendi), auditori (pendengaran) dan Olfaktori (penciuman).

Dijelaskan Anne Gracia, praktisi Neurosains Terapan, keterlibatan seorang ayah memaksimalkan perkembangan pertumbuhan dan kecerdasan kognitif anak. Serta meningatkan kedekatan secara psikologis dan emosional.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun kedekatan ayah dengan anak yaitu dengan memandikan buah hati. Selain kedekatan secara emosional, proses memandikan bayi mampu menstimulasi vestibular bayi dan menjadi momen spesial antara ayah dan bayi.

Berita Terkait :  Inilah 3 Kebiasaan Buruk Orangtua Terhadap Kesehatan Anak

“Sebanyak 21 persen ayah ikut membantu merawat si kecil. Yaitu 60 persen dengan cara menggendong dan 9 persen dengan memandikannya,” ungkap Rika Sandi, Brand Manager Zwitsal di kampanye Zwitsal “Suamiku, Ayah Luar Biasa” di Double Tree Hotel by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (19/3).

“Tetapi, sebanyak 40 persen ayah, tidak memandikan si kecil karena takut dan 29 persen karena tidak tahu caranya,” lanjutnya.

Dengan ini, Zwitsal memperkenalkan “Mandi Ceria” yang dapat dilakukan para ayah dan terbukti memberi manfaat terhadap tumbuh kembang bayi.

Berita Terkait :  Gaya Hidup Aktif Lebih Efisien Daripada Olahraga Rutin?

Para ayah juga diajak mengikuti kegiatan “Tantangan Sejuta Menit Ayah Luar Biasa” dimana para ayah dapat mendokumentasikan dan mengirimkan momen ceria bersama buah hati.

  • Whatsapp

Related posts