Ponsel 2G Dihentikan, Pemerintah Belum Sosialisasi ke Pengguna

BabatPost.com – Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) merencanakan akan segera menghentikan jaringan telekomunikasi berbasis lawas 2G. Bahkan, menurut Muhammad Budi Setiawan yang merupakan Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, bahwa penghentian sekaligus pelarangan izin penjualan handphone berbasis 2G only.

Dengan demikian, pengguna sudah bisa beralih ke ponsel dengan jaringan baru 3G atau 4G.

Menanggapi hal tersebut, pengamat telekomunikasi Indonesia Heru Sutadi berpendapat, sudah saatnya pengguna beralih ke jaringan yang terbaru. Namun demikian, perlu ada informasi dari pemerintah ke pengguna, sehingga masyarakat mengetahui manfaat dilakukannya perpindahan jaringan.

Berita Terkait :  Cara Cepat dan Mudah aktifkan settingan 4G indosat di Smartphone Android

“Upaya pemerintah Indonesia memang bukan yang pertama, karena beberapa negara lain sudah melakukan evolusi perangkat dan jaringan tersebut. Tentukan roadmap-nya dan berikan edukasi kepada semua pihak mengenai manfaat dari perpindahan tersebut,” jelas Heru Sutadi, Senin (11/5/2015).

Penjelasan Heru Sutadi bahwa Indonesia merupakan negara yang unik, karena pengguna ponsel 2G masih lebih banyak ketimbang 3G maupun 4G. hal tersebut banyak penyebabnya, seperti tidak tahu manfaat dan tidak suka.

“Pemerintah harus berikan informasi, misal 2017 jaringan 2G akan di shutdown, lakukan edukasi dengan penjelasan mana frekuensi yang digunakan dan manfaatnya. Serta ponsel yang mana yang bisa akses internet dan jaringannya apa,” ungkap Heru Sutadi.

Berita Terkait :  Smartphone Sailfish Pertama Dunia "Jolla Phone"

Heru Sutadi juga meyakini, sebenarnya jumlah ponsel 2G tidak mencapai 70 persen seperti banyak yang diperkirakan oleh banyak pihak.”Pengamatan saya, pengguna ponsel 2G di Indonesia sebenarnya hanya mencapai 50-60 persen saja, tidak sampai 70 persen atau lebih,” jelasnya.

Apakah anda masih pengguna hanphone dengan jaringan 2G? sudah saatnya anda untuk beralih menggunakan handphone dengan jaringan 3G keatas. Dengan menggunakan teknologi handphone yang berjaringan minimal 3G, maka banyak manfaat yang anda dapatkan. Misalnya kecepatan akses internet, rserta banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan.

Berita Terkait :  Bolt kerjasama Dengan Samsung Guna Ciptakan Jaringan Mobilitas 4G Terbaik

Sedini mungkin anda membiasakan diri dengan teknologi baru, maka kelak saat teknologi lama sudah dihapus, maka anda tidak lagi harus menyesuaikan dengan kehadiran teknologi baru tersebut. Karena bukan factor tidak mampu beli, melainkan factor kebiasaan yang akan menghambat penggunaan teknologi baru tersebut.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More