Backpacking di Jawa Tengah – Bagian 2 (selesai)

Backpacking merupakan salah satu wisata yang saat ini banyak digemari. Tidak hanya biayanya yang tergolong cukup murah dibandingkan dengan wisata-wisata lainnya, wisat dengan menggunakan ransel ini juga cukup digemari oleh para anak muda karena sifatnya yang cenderung lebih menantang. Backpacking yang juga kebanyakan identik dengan wisata-wisata alam juga sangat cocok untuk dilakukan di Indonesia karena daratan dan lautan Indonesia kaya akan keindahan alamnya. Jika Anda tinggal di Jawa Tengah dan belum pernah mengeksplor keindahan alam Jawa Tengah, atau bagi Anda yang tinggal di luar Provinsi Jawa Tengah dan ingin tahu lebih dalam tentang tidak hanya keindahan alam namun juga budaya yang terletak di provinsi yang beribukotakan Semarang tersebut, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut tentang beberapa tujuan wisata para backpacker di Jawa Tengah.

Pantai Menganti

Bagi para backpacker yang mengagumi keindahan pantai, Pantai Menganti yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah harus masuk dalam daftar pantai yang harus dikunjungi. Karena walaupun Kebumen kaya akan pantai-pantai lainseperti Pantai Ayah, Pantai Logending, Pantai Suwuk, Pantai Karangbolong dan Pantai Petanahan karena lokasinya di wilayah selatan Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, Pantai Menganti merupakan satu pantai yang sangat indah yang masih belum banyak diketahui khalayak. Pasalnya, pantai ini baru dibuka pada tahun 2011 lalu di mana sebelumnya hanya dijadikan tempat untuk pendaratan perahu nelayan. Dikarenakan umurnya yang masih muda, pantai ini juga masih belum dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Berita Terkait :  Inilah Ciri-Ciri Playboy

Namun demikian, Pantai Menganti ini memiliki panorama yang sangat indah. Berbeda dengan pantai-pantai lain di sepanjang deretan tanah Kebumen yang berpasir hitam, Pantai Menganti ini memiliki hamparan pasir putih yang indah. Tidak hanya itu, pantai yang dibatasi oleh perbukitan batu gamping dan batu klasika gunung api ini juga memiliki keindahan biota laut seperti terumbu karang. Selain itu, para pangunjung pantai juga dapat menikmati keindahan air terjun dan menyusuri goa di bibir pantai.

Untuk dapat menikmati keindahan pantai yang lebih menawan, para backpacker juga dapat menaiki bukit yang terletak di sisi timur pantai di mana di bukit tersebut terdapat mercusuar yang didirikan oleh kolonial Belandan pada tahun 1912-1915. Di atas mercusuar setinggi 20 meter yang dapat dinaiki hingga puncaknya tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai dan bukit karang yang berlikuk-likuk. Bagi pengunjung yang ingin menikmati ikan segar pun, Anda dapat langsung membelinya di tempat pelelangan ikan yang terdapat di pantai. Tidak hanya itu, para backpacker juga dapat berbaur dengan para nelayan yang biasa duduk-duduk di sekitar pantai.

Gunung Prahu

Berita Terkait :  Efektifkah Topi Lindungi dari Bahaya Sinar Matahari?

Salah satu wisata alam yang digemari oleh para backpacker adalah mendaki gunung. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki cukup banyak deretan pegunungan, dan salah satunya adalah Dataran Tinggi Dieng yang berada di perbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.  Gunung Prahu sendiri merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng yang memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl.

Bagi Anda yang hendak mendaki Gunung Prahu, sangat disarankan untuk melaksanakannya di musim kemarau karena saat musim penghujan, jalur pendakian akan menjadi becek dan akan sedikit sulit untuk mencari lokasi dengan kondisi tanah yang tepat untuk bermalam. Ditambah, ketika musim penghujan yang sering mendung, pemandangan sunrise otomatis tidak akan seindah ketika saat musim kemarau karena terhalang oleh mendung.

Berita Terkait :  Ke Jogja, Kunjungi Tempat-tempat Ini - Bagian 2

Sementara itu, untuk dapat sampai di puncak Gunung Prahu, terdapat beberapa jalur pendakian berbeda, beberapa di antaranya adalah jalur utara dan selatan. Untuk jalur utara, jarak tempuh perjalanan cukup lama, yakni hingga mencapai kurang lebih 6 jam pendakian, yang dimulai dari Kabupaten Kendal. Sementara itu, untuk jalur selatan yang melalui Dataran Tinggi Dieng akan cenderung memakan waktu lebih singkat, yakni hanya sekitar 2 hingga 3 jam pendakian.

Selain memiliki kawasan hutan yang masih asri di mana pengunjung akan menjumpai beraneka ragam tumbuhan seperti Kantong Semar dan tumbuhan paku, Gunung Prahu juga akan memanjakan Anda dengan hamparan taman bunga daisy yang berbunga di kala musim kemarau.

 

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More