9 Kiat Mendapatkan Pekerjaan yang Tepat

  • Share
omnibus law cipta kerja
omnibus law cipta kerja

BabatPost.com – Bekerja merupakan kewajiban bagi semua orang untuk meningkatkan pendapatan perkapita. Selain itu bekerja merupakan aktifitas yang anda lakukan setiap hari setidaknya 7 sampai 8 jam setiap harinya. Oleh karena itu pekerjaan yang tepat sesuai keinginan, kesukaan, bidang anda sangat lah penting, jangan sampai pekerjaan membuat anda terbebani karena tidak sesuai dengan anda.

Saat ini ada yang jadi mahasiswa baru, ada yang baru lulus sekolah (SMK) ada juga yang harus lulus jadi mahasiswa dan ada juga yang tahun depan lulus Sekolah. Nah, buat anda yang mau lulus kuliah, enggak ada salahnya mulai menentukan jenis pekerjaan apa yang tepat untuk memulai karier.

Simak 9 kiat berikut ini untuk mendapatkan pencerahan.

  1. Cari berbagai sumber lowongan pekerjaan
Berita Terkait :  Kalimat Yang Tak Patut Diucapkan Ketika Interview Kerja

Ada banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan. Jika anda sudah memfokuskan bidang pekerjaan tertentu, anda bisa mencari berbagai lowongan jenis pekerjaan tersebut di banyak sumber.

  1. Bergabung di pusat karier kampus

Belum terlambat untuk bergabung di pusat karier yang ada di kampus. Melalui pusat karier kampus, anda bisa memperoleh akses lowongan pekerjaan yang sedang tersedia di berbagai perusahaan.

  1. Jangan abaikan agensi pekerjaan

Beberapa perusahaan menggunakan agensi pekerjaan untuk mencari karyawan. Oleh sebab itu, jika ada agensi pekerjaan yang menawarkan pekerjaan pada dirimu, jangan langsung ditolak. Bisa jadi hal tersebut bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

  1. Jangan hanya diam di rumah
Berita Terkait :  Rupiah kembali menguat siang ini, ini alasannya

Banyak seminar dan workshop yang bisa anda ikuti dibandingkan hanya berdiam diri di rumah. Cara ini bisa membuatmu bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang pendidikan.

  1. Volunteer

Jika anda punya waktu luang, manfaatkan waktu tersebut untuk menjadi volunteer pada suatu organisasi. Seperti dilansir dari US News, Jumat (15/5/2015) menjadi volunteer bisa menambah jaringan. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan pengalaman sesuai dengan bidang yang anda minati.

  1. Tanya pada teman

Tidak ada salahnya anda bertanya kepada temanmu untuk sebuah pekerjaan. Siapa tahu ada saudara temanmu itu yang membutuhkan pegawai. Jika pekerjaan itu cocok, tidak ada salahnya anda menerimanya.

  1. Menjaga hubungan
Berita Terkait :  Dube RI di Australia dipanggil pulang

Jangan putuskan komunikasi dengan teman saat sudah lulus kuliah. Saling berbagi informasi adalah cara terbaik untuk bisa memperoleh pekerjaan yang anda inginkan. Selain itu, jaga hubungan juga dengan dosen. Simpan kontak-kontak mereka, jika perlu buatlah akun LinkedIn.

  1. Bersihkan media sosial

Mungkin anda pernah mem-posting status di media sosial yang kurang pantas. Saat anda memasuki masa mencari sebuah pekerjaan, bersihkan semua itu. Berikan kesan bahwa anda siap menjadi seorang yang profesional.

  1. Berpikirlah bahwa bekerja lebih baik daripada menganggur

Untuk pekerjaan pertama, yang terpenting adalah pengalaman yang bisa anda dapatkan. Kesuksesan tidak bisa muncul secara instan. Anda bisa sambil mengasah kemampuan dan keahlianmu.

  • Share