Jaga Jantung dan Paru dengan Senam Otak

BabatPost.com – Senam otak yang gencar dipopulerkan di kalangan lansia ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kebugaran otak. Senam yang melatih keseimbangan gerak dan pernapasan tersebut juga sangat baik untuk kondisi jantung dan paru-paru khususnya bagi lansia.

Senam otak Indonesia, seperti yang dikembangkan oleh Smart Brain Energy, adalah senam berisiko rendah (low impact) yang berfokus pada gerakan lambat berulang, gerak sendi penuh, melibatkan gerakan mata, dan pernapasan. Oleh karena itu, senam ini juga berdampak langsung pada paru-paru dan sirkulasi darah oleh jantung.

Berita Terkait :  Segera putus jika pasangan anda melakukan salah satu hal ini

“Karena senam ini terkait dengan pernapasan, kita bicara tentang daya tahan paru-paru untuk menampung oksigen, yang juga mempengaruhi daya tahan tubuh saat bekerja,” jelas Herry ‘Ai’ Pujiastuti, ahli fisioterapi yang merupakan penyusun gerakan latihan vitalisasi otak, dalam kesempatan di Jakarta, Minggu (31/5/2015).

Untuk jantung, senam otak ini bisa menjadi alternatif olahraga yang baik karena sifatnya yang berisiko rendah. Gerakan dan perpindahan gerak yang selalu dilakukan perlahan membuat jantung dapat mengatur detaknya lebih santai.

Berita Terkait :  Tubuh langsing cepat dengan Ion Magnum

“Gerakan senam ini sangat baik karena melibatkan pernapasan dan perlahan sehingga tidak mengganggu fungsi jantung. Jadi senam ini tidak masalah bila dilakukan oleh orang yang punya masalah jantung, karena gerakannya tidak cepat dan mempercepat detak jantung secara drastis,” tutupnya.

Nah bagi anda yang tertarik untuk mencoba senam otak tidak ada salahnya. Yang harus diperhatikan adalah rutinitasnya, karena olahraga sehebat apapun itu apabila tidak dilakukan secara rutin justru akan membawa damapak yangkurang baik untuk tubuh anda.

Berita Terkait :  Tips Gaya Hidup Sehat Ala Bunga Citra Lestari

Berolahraga adalah bertujuan untuk menyegarkan kembali organ tubuhn anda setelah melakukan aktifitas yang sangat melelahkan. Selain menyegarkan olahraga juga akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan bugar.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More