Software Baru Apple, iOS 9 dan Beragam Fitur Barunya

Pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2015 yang berlangsung Senin lalu, 8 Juni 2015 di San Fransisco, Apple resmi merilisi software terbaru keluaran perusahaan teknologi tersebut, yakni iOS 9. Walaupun kapan waktu pastinya software smartphone ini keluar belum diketahui secara jelas, namun kemungkinan besar fitur-fitur baru yang disuguhkan oleh Apple ini akan hadir bersamaan. Spekulasi yang beredar, iOS 9 ini akan hadir pada iPhone 6.

Namun, seperti sebelum-sebelumnya, iOS 9 ini akan dihadirkan untuk developer terlebih dahulu sebelum nantinya dipasarkan bagi pengguna produk-produk Apple. Kabar yang beredar, developer akan menguji coba software terbaru di bulan Juli mendatang. Sementara itu, bagi pengguna iPhone iPad, versi final dari iOS 9 ini baru akan dirilis beberapa bulan setelahnya.

Walaupun dikabarkan iOS 9 ini akan hadir pada iPhone 6, The Verge menyebutkan bahwa nantinya software ini juga dapat digunakan pada perangkat Apple yang sebelumnya, dimulai dari iPhone 4s dan iPad 2 yang telah hadir sejak tahun 2011. Agar para pengguna produk Apple lawas dapat menggunakan software keluaran terbaru Apple, perusahaan raksasa tersebut mengoptimalkan fitur yang ada dengan spesifikasi hardware dari tiap perangkat.

Berita Terkait :  Presiden Amerika Gagal Penuhi Janji untuk Buat Rencana Anti-Peretasan

Tampilan dari iOS 9 ini nantinya tidak akan berbeda jauh dari software smartphone keluaran Apple sebelumnya, iOS 8. Namun, beragam fitur baru yang ditawarkan pasti akan menarik banyak perhatian para pengguna Apple, bahkan juga dapat menarik perhatian para pengguna Android, saingan terberat Apple.

Apple nampaknya akan meningkatkan kemampuan dari asisten virtual Siri yang tidak jauh berbeda dengan produk keluaran Google, yakni Google Now. Pada versi terbaru Siri ini, Apple mengeluarkan fitur yang dinamakan Proactive yang akan membuatnya semakin serupa dengan Google Now. Berdasarkan lalu lintas yang ada, pengguna asisten virtual ini tidak lagi harus bingung terlambat mendatangi pertemuan-pertemuan penting karena Siri dapat memprediksikan waktu dan jarak lokasi tempat yang ingin dituju, sesuai dengan informasi lalu lintas yang tersedia. Tidak hanya itu, Siri juga dapat memindai e-mail para pengguna gadget keluaran Apple yang juga akan dapat memprediksi pada saat ada telepon masuk dari orang tak dikenal.

Berita Terkait :  4 Kemampuan Google Assistant yang Tak Kamu Ketahui

Selain Siri, iOS 9 juga dilengkapi oleh fitur-fitur lainnya yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya, seperti Apple Maps, Notes dan Apple Pay.

Di lain pihak, Apple nampaknya juga ingin menggaet para pengguna Android, pasalnya pada software terbaru tersebut, Apple meluncurkan satu aplikasi baru, yakin ‘Move to iOS’, di mana aplikasi tersebut dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memindahkan data dari Android ke perangkat iOS. Data-data yang dapat dipindahkan tersebut antara lain kalendar, foto, video, kontak, rekam jejak pesan, buku, hingga penanda situs. Bahkan, pengguna juga dapat memindahkan aplikasi yang sebelumnya diunduh di perangkat Android ke perangkat iOS.

Perwakilan Apple mengungkapkan, seperti dikutip dari Cnet, “Tinggal unduh aplikasi Move to iOS. Pengguna dapat memindahkan semua yang ada di perangkat Android ke perangkat iOS secara nirkabel.”

Selain itu, hal baru dari Apple yang disuguhkan melalui iOS 9 adalah daya tahan baterai. Jika sebelumnya banyak para pengguna gadget pabrikan Apple mengeluhkan akan lemahnya daya tahan baterai, kini Apple memperbaikinya melalui iOS 9. Seperti dikutip dari Cnet, para pengguna dapat menggunakan mode low power yang memungkinkan perangkat mereka untuk tahan lebih lama, bahkan hingga 3 jam lebih lama.

Berita Terkait :  Apple Akan Luncurkan iPhone berlayar OLED Pada Tahun 2017 Mendatang

Hal lain dari iOS 9 yang diharapkan mampu menggaet pengguna Android adalah fitur multitasking. Bagi para pengguna yang membutuhkan produktivitas tinggi, fitur ini pasti akan sangat berguna. Tidak hanya itu, bahkan untuk ponsel iPhone dengan layar 5.5 inchi pun akan dapat menikmati fitur tampilan Slid Out dan mode Picture in Picture dengan menggunakan software terbaru ini. Ditambah dengan fitur Split View yang memungkinkan pengguna untuk melakukan multitouch secara penuh layaknya pada iPad 2 Air.

Bagi Anda yang ingin merasakan iOS 9 tapi masih enggan untuk berganti perangkat, berikut merupakan perangkat Apple yang dapat menggunakan iOS 9.

iPhone

iPhone 4s
iPhone 5
iPhone 5c
iPhone 5s
iPhone 6
iPhone 6 Plus

iPad

iPad Air 2
iPad Air
iPad 2
iPad 3rd generation
iPad 4th generation
iPad mini 3
iPad mini 2
iPad mini

iPod

iPod touch 5th generation

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More