Menteri Keuangan Yunani, Yani Varoufakis mengundurkan diri

New Greek Finance Minister Yanis Varoufakis is seen after a swearing in ceremony at the Presidential Palace in Athens, Tuesday, Jan. 27, 2015. Greece's new left-wing Prime Minister Alexis Tsipras picked an outspoken bailout critic, Yanis Varoufakis, as his new finance minister Tuesday, signaling his revolve to take a tough line with eurozone lenders in an effort to write off a massive chunk rescue debt. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Babatpost.com – Sehari setelah Referendum YUnani memutuskan untuk menolak syarat utang dari EROP dan IMF. Menteri keuangan Yunani, Yani Varoufakis memilih untuk mengundurkan diri dari kursi jabatannya.

Dalam pernyataannya, menteri yang sehari-harinya mengendarai sepeda motor ini menyadari, beberapa negara Eropa pengguna mata uang euro atau eurozone, tidak menyambut kehadirannya dalam rapat-rapat dengan para menteri keuangan. “Karena alasan tersebut, saya mundur dari kementerian keuangan hari ini, ujar Varoufakis seperti dilansir dari Reuters, Senin (6/7/2015).

Read More
Berita Terkait :  Seakan tak takut, Masjid Nabawi tetap dipenuhi jamaah sholat setelah insiden bom

Pemimpin negosiasi utang Yunani dengan para krediturnya, yaitu Euclid Tsakalotos, disebut akan menjadi penerus Varoufakis sebagai menteri keuangan.

Tsakalotos merupakan ekonom dan profesor. Dia mendampingi Varoufakis dalam negosiasi dengan kreditur sejak April 2015 lalu.

Lewat langkah mundur ini, Varoufakis berharap negosiasi dengan kreditur akan menjadi lebih lancar.

Related posts