Anggaran mudik gratis 2016 bakal dinaikkan

Babatpost.com – Tahun depan nampaknya para pemudik dari berbagai kota bakal kebagian hal menyenangkan, kenapa. Karena menurut Direktur Jendral Perhubungan laut Kementrian perhubungan Bobby R Mamahit menyebutkan bakal adanya usulan penambahan anggaran untuk orang yang akan mudik sebanyak tiga kali lipat, ujarnya. Dan agar masyarakat tidak telat tentang berita bagus ini, mereka bakal lebih gencar mensosialisasikan mudik gratis tersebut kepada masyarakat.

“Kalau pada tahun ini jadwal sosialisasinya dua bulan sebelum Lebaran, maka pada 2016 mendatang kami berencana memajukannya pada Februari. Banyak juga strategi lainnya yang sedang kami kaji supaya minat masyarakat untuk ikut mudik gratis ini bisa bertambah. Beberapa di antaranya, sosialisasi melalui media sosial,” kata Bobby menyambut kedatangan peserta mudik gratis Lebaran 2015 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (24/7).

Read More
Berita Terkait :  Mendagri Jamin Risma Bisa Ikut Pilwali

Ia menyatakan, langkah tersebut akan ditempuh guna menarik minat masyarakat yang lebih besar dalam mengikuti mudik gratis. Pada tahun ini, peserta mudik gratis dengan kapal laut tercatat mencapai 8.000 unit sepeda motor dan 20.000 orang. Sementara, kapasitas yang disediakan Kemenhub adalah 10.000 sepeda motor dengan anggaran mencapai Rp 20 miliar.

“Anggaran mudik gratis dengan kapal laut merupakan yang terbesar dibandingkan moda kereta api dan bus,” katanya.

Kendati demikian, Bobby menambahkan, peserta mudik gratis pada tahun ini meningkatkan dibandung 2014. Pasalnya pada tahun lalu, jumlah sepeda motor yang diangkut lewat kegiatan ini tercatat sebanyak 5.100 sepeda motor dan 9.000 orang.

Related posts