FC Barcelona didepak dari La Liga, jika … ?

Babatpost.com – Presiden LFP, PSSI nya Spanyol , Javier Tebas, mengatakan bahwa jika Katalunya memerdekakan diri dari Spanyol, maka dengan terpaksa Barcelona tidak bisa bermain untuk La Liga. Pernyataan ini juga didukung oleh menteri olahraga Spanyol, Miguel Cardanel.

“FC Barcelona takkan bisa berkompetisi di Liga Spanyol. Hal yang lucu jika Katalunya merdeka, namun mereka masih terdaftar sebagai anggota Federasi Sepakbola Spanyol,” jelas Cardenal seperti mengutip dari Goal, Selasa (22/9/2015).

AHABET

Blaugrana –julukan Barcelona– sendiri berada di wilayah Katalunya bersama tim La Liga lainnya, Espanyol. Presiden Katalunya, Artur Mas, mengisyaratkan untuk mengadakan pemilihan umum (pemilu) pada Sabtu 26 September 2015.

Dalam pemilu tersebut juga akan dibentuk referendum untuk memisahkan diri dari Spanyol. Jika hal itu terjadi, tentu sebuah kerugian bagi Barca. Lionel Messi dan kawan-kawan tak serta merta bisa tampil di ajang Liga Champions yang menghadirkan banyak pundi-pundi uang bagi mereka.

JAYA POKER

Sebab, Liga Katalunya akan mendapat penghitungan awal dari otoritas sepakbola Eropa, yakni UEFA. Beda dengan La Liga yang memiliki koefisien tertinggi di UEFA dan merupakan kompetisi nomor satu di Eropa saat ini.

Sejatinya Barca tak mau memisahkan diri dari La Liga jikapun Katalunya merdeka pada akhir pekan nanti. Presiden El Barca, Josep Maria Bartomeu, yang menyuarakan langsung keengganannya hengkang dari kompetisi teratas sepakbola Spanyol tersebut.

“Kami selalu bicara tentang olahraga. Kami tidak berkampanye. Kami mengerti ada politik yang harus dilalui dalam masalah ini, namun Barca selalu menunjukkan sikap netral,” jelas Bartomeu.

Sejatinya bukan Barca saja yang merasa dirugikan jika hengkang dari La Liga. Kompetisi terelite di Spanyol itu juga harus kehilangan salah satu tim papan atasnya. Jika itu benar-benar terjadi, laga El Clasico yang kerap mempertemukan Real Madrid kontra Barca takkan terlaksana lagi di ajang La Liga.

Pertandingan itu baru bisa dipentaskan jika Barca kembali bermain di Liga Champions atau Europa League. Namun, itu dibutuhkan waktu lama. Sebab, Liga Katalunya membutuhkan koefisien tinggi untuk mengirimkan wakilnya tampil di ajang antarklub Eropa paling prestisius tersebut.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More