Beranda Gaya Hidup Wisata 6 Wisata Menarik di Sumatera Barat

6 Wisata Menarik di Sumatera Barat

Danau Maninjau
Iklan

BabatPost.com – Berlibur ke daerah Sumatera selalu meninggalkan banyak kesan yang menakjubkan. Salah satu pilihan tujuannya adalah Sumatera Barat. Di Sumatera Barat terdapat banyak tempat wisata yang memiliki berbagai pilihan lokasi. Wisata Sumatera Barat banyak menghadirkan objek wisata yang indah dan tak kalah dengan obyek-obyek wisata Internasional.

Sumatera Barat terkenal dengan objek wisata alamnya, tak hanya itu sebenarnya Sumatera Barat juga memiliki obyek obyek wisata sejarah dan budaya obyek obyek wisata ini tersebar di bakar di berbagai kota. Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat tentu saja ini akan menjadi sebuah pengalaman yang akan sangat berkesan alasannya adalah karena tanah ini merupakan tanah kelahiran salah satu pahlawan Bangsa Indonesia yaitu bung hatta. di provinsi Sumatera Barat inilah bung hatta dilahirkan dan dibesarkan.

Banyak objek wisata alam yang dapat ditemui di sini seperti di minang Sumatera Barat yang terkenal akan kulinernya, tentu saja anda tidak akan melewati kuliner yang ditawarkan oleh kota ini bukan? Hampir semua lidah orang indonesia dapat menerima masakan masakan Padang. Kegiatan jalan-jalan di Minang bisa anda lakukan ke beberapa tempat seperti ke Padang, Jam Gadang, dan pastinya peta rending.

Padang sebenarnya adalah ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. Padang sebenarnya adalah Ibukota Provinsi Sumatera Barat sedangkan Minangkabau merupakan nama dari suku asli yang tinggal di Sumatera Barat.

Berikut adalah beberapa tempat atau objek wisata di daerah Sumatera yang dapat anda kunjungi dan nikmati.

Danau Singkarak
Danau Singkarak merupakan danau terluas yang ada di Sumatera setelah Danau Toba, danau ini terkenal dengan ikan bilih. Letaknya yang strategis akan memudahkan anda untuk menentukan kemana destinasi anda selanjutnya. Lokasi danau ini terletak di pertengahan antara Kota Solok dan kota Padang panjang.

Danau Maninjau
Danau Maninjau terkenal akan keindahannya, banyak orang mengatakan bahwa danau ini sangat menakjubkan letak danau ini sendiri tidak jauh dari kota bukittinggi sekitar 36 kilometer. Di Danau Maninjau ini anda dapat menikmati berbagai kegiatan seperti memancing, sepeda air, berenang serta berbagai kegiatan-kegiatan lainnya sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Danau ini dinamakan dengan nama Danau Maninjau karena teletak dekat dengan sebuah desa yang bernama Desa Maninjau

Jam Gadang
Tempat selanjutnya adalah Jam Gadang. Tentu anda sering mendengar tentang Jam Gadang yaitu sebuah ikon Kota Bukittinggi Sumatera Barat, Jam Gadang adalah sebuah bangunan menara yang berciri khas Minangkabau dan terletak di tengah Kota Bukittinggi, anda bisa naik menuju ke puncak menara Jam Gadang untuk menikmati keindahan Bota Bukittinggi

Istana Pagaruyung
Beralih ke objek wisata sejarah kali ini kita akan menuju ke Istana Pagaruyung. Istana Pagaruyung terdapat di Negeri Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Disini anda dapat menyaksikan berbagai peninggalan Kerajaan Pagaruyung, rata-rata peninggalan-peninggalan tersebut masih dalam keadaan baik-baik saja dan terpelihara. Anda dapat menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk karena letaknya yang sedikit jauh dari keramaian Istana Pagaruyung dibangun diatas 11 gonjong 72 tonggak dan 3 lantai. Istana ini dihiasi dengan berbagai ukiran yang kaya akan sejarah budaya Minangkabau.

Air Terjun Lembah Harau
Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh warga Sumatera Barat adalah Air Terjun Lembah Harau, tidak hanya menikmati air terjun, di sekitar itu juga terdapat pusat perkemahan yang biasa digunakan sebagai pusat kegiatan-kegiatan berkemah. Selain itu anda juga dapat berkeliling di sekitar objek wisata sambil menikmati taman margasatwa yang terdapat di Sumatera Barat.

Pantai Pulau Sikuai
Dan yang terakhir adalah Pantai Pulau Sikuai, letaknya tidak terlalu jauh dari kota Padang karena berjarak hanya sekitar sekitar 35 menit dari dermaga Airud Bungus. Pantai ini sangat indah dan di lengkapi dengan berbagai akomodasi seperti hotel dan resort tempat ini juga terdapat hotel berbintang 2 dan cottage. Pemandangan pantai adalah pemandangan utama di tempat ini selain itu terdapat sebuah pulau yang dapat anda nikmati dengan melakukan tracking mengitari pulau sambil menjelajahi hutan. Bagi anda pencinta panjat tebing di pulau ini juga terdapat suatu tempat dimana para pecinta panjat tebing sering melakukan atraksi-atraksi untuk menaklukkan dinding-dinding batu nan menantang dan tinggi.