Ini penyebab Pembalap MotoGP banyak yang berasal dari Spanyol

  • Share

Babatpost.com – kalian pasti tahun kan para rider rider hebat MOtoGP, tak hanya MotoGP malahan tapi juga kelas Moto2 ataupun Moto3. Hehe, Dan tahu gak kalian kalau sebagaian besar para rider ini berbendera Spanyol, dan juga berasal dari kota yang sama , Katalanm Spanyol. Berikut beberapa perwakilan dari kota Katalan di MotoGP Aleix, Vinales, Marc Marquez, Alex Marquez, Pol Espargaro, Tito Rabat, Isaac Vinales, Alex Rins, sampai joki perempuan, Maria Herrera.

Berita Terkait :  Ducati yakin motor mereka cocok dengan Michelin

Aleix yakin hal ini terjadi berkat kerja keras Federasi Balap Spanyol dan Katalunya dalam menyediakan jalan bagi para rider muda selama 10 tahun terakhir.

(baca juga : Rider tua ini sukses raih gelar rider of the year 2015)

“Ada begitu banyak ajang balap yang kecil dan murah, namun kompetitif untuk para rider muda, terlebih di Katalunya. Hal ini membantu keluarga yang ingin mendukung anak-anaknya. Dengan situasi ini, ada banyak talenta muda yang bisa tumbuh. Yang Anda lihat di MotoGP sekarang merupakan kerja keras Katalunya dan Spanyol selama 10 tahun terakhir. Saya yakin masih akan banyak lagi talenta dari Katalunya di masa depan,” celoteh Aleix.

Berita Terkait :  Ingin Jadi Juara Dunia, Fabio Quartararo Jipak Strategi Joan Mir Musim Lalu

2

Vinales pun melontarkan komentar senada. Rider berusia 20 tahun ini memang merupakan salah satu rider muda yang sempat merasakan bantuan besar dari Federasi Balap Spanyol dan Katalunya. Vinales pun sukses merebut gelar juara dunia Moto3 2013, menduduki peringkat ketiga di Moto2 2014 dan langsung naik kelas ke MotoGP tahun lalu.

“Ketika masih anak-anak, ada banyak kategori balap yang dapat saya ikuti. Awalnya dengan minibike, lalu pindah ke motocross dan kembali lagi ke road race. Kejuaraan-kejuaraan ini adalah ‘sekolah’ yang baik. Dengan itulah saya turun di kejuaraan nasional, lalu ke tingkat dunia. Kelas balap junior sangat diperhatikan. Inilah alasan mengapa begitu banyak rider bagus dari Katalunya,” tuturnya.

  • Share