DPR surati mentri perdagangan perihal rencana pindah pabrik Toshiba dan Panasonic

  • Share

Babatpost.com – Iklim investasi di Indonesia semakin tidak kondusif terutama bagi para investor dari luar negeri. Hal ini juga yang dikhawatirkan komisi VI DPR RI. Bahkan DPR sampai menyurati menteti perdagangan Thomas Trikasih Lembong karena adanya isu bakal pindahnya pabrik Toshiba dan Panasonic dari Indonesia.

“Saya sudah surati itu menteri perdagangan dan menteri perindustrian bahwa ini sudah lampu kuning, tapi belum lampu merah,” kata Ketua Komisi VI DPR, Achmad Hafisz Tohir, di Komisi VI DPR, Jakarta, Kamis 4 Februari 2016.

Berita Terkait :  Adiknya Dibebaskan pemberontak Abu Sayyaf, sam lakukan sujud syukur

Hafisz mengatakan bahwa ada kekhawatiran industri akan merelokasi pabriknya dari Indonesia ke negara lain, seperti Vietnam. Dikatakan bahwa negara tersebut memberikan tawaran yang lebih baik daripada Indonesia.

panasonic

“Tingkat pajak kita lebih tinggi daripada mereka (Vietnam),” kata dia.

Hafisz menegaskan, pemerintah harus memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Misalnya, menurunkan suku bunga bank dan biaya logistik.

“Yang bisa menjamin investasi aman bekerja di sini terkait juga dengan kebijakan tarif dan non tarif, biaya logistik, dan keamanan berinvestasi,” kata dia.

  • Share