Beranda Teknologi Gadget Review Galaxy S7, fitur dual pixelnya bikin ngiler

Review Galaxy S7, fitur dual pixelnya bikin ngiler

Iklan

Babatpost.com – Review Galaxy S7, fitur dual pixelnya bikin ngiler, Raksasa Elektronik asal Negeri gingseng Korea telah meluncurkan ponsel seri terbarunya yaitu Galaxy S7 dan S7 edge dimana pada promosinya kedua gadget ini mengandalkan fitur anti air dan anti guncangan.

Kedua ponsel tak mengejutkan pengguna dengan desain yang benar-benar beda, meski tetap ada perubahan kecil. Fitur tambahannya pun tak banyak.

“Yang ingin diberikan lebih ke peningkatan experience,” kata Marketing Director Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang, setelah acara peluncuran bertajuk “Samsung Galaxy Unpacked” di Barcelona, Spanyol.

Wartawan KompasTekno, Fatimah Kartini turut hadir dalam acara tersebut dan berkesempatan merasakan peningkatan pengalaman yang dimaksud.

S7

Desain serupa tapi beda

Sepintas, tak ada yang berbeda dari desain duet Galaxy S7 jika dibandingkan dengan duet Galaxy S6. Bodinya tetap tipis dengan sisi-sisian melengkung. Hanya saja, pada S7, lengkungan pada sisi kiri dan kanannya dibuat lebih tegas.

Bahannya pun tetap terbuat dari metal dengan balutan kaca yang elegan. Tombol-tombol yang terpatri (baik fisik maupun soft) masih di posisi yang sama dengan pendahulunya.

Jika ditilik lebih lanjut, perbedaan baru tampak pada desain cangkang kamera. Ketebalan kamera Galaxy S6 mencapai 1,7 mm, lalu direduksi menjadi 0,46 mm pada Galaxy S7.

Perubahan simpel itu mungkin terkesan tak berarti. Tapi, untuk pengalaman penggenggaman dan dari segi desain, perubahan itu menjadi sangat penting.

Kini, tak ada lagi perasaan mengganjal kala melihat ada tonjolan kamera. Menggenggamnya pun lebih pas karena punggung ponsel hampir rata.

Perubahan desain lainnya terlihat pada ukuran Galaxy S7 Edge yang lebih bongsor. Pada Galaxy S6, versi layar datar dan layar lengkungnya berukuran sama, yakni 5,1 inci.
Kali ini, Galaxy S7 dan S7 Edge hadir dengan ukuran berbeda. Galaxy S7 tetap 5,1 inci, sementara Galaxy S7 Edge diperbesar menjadi 5,5 inci. Meski lebih besar, Galaxy S7 Edge tetap terasa mantap di tangan.

Spesifikasi lebih tangguh

Berbicara soal peningkatan pengalaman, artinya berbicara soal peningkatan spesifikasi. Dua spesifikasi krusial (baterai dan kamera) benar-benar dibawa ke level lebih lanjut.

Baterai Galaxy S7 dan S7 Edge masing-masing berkapasitas 3000 mAH dan 3600 mAH. Kapasitas itu jauh meningkat dari baterai 2550 mAH dan 2600 mAH pada Galaxy S7 dan S7 Edge.

Dengan begitu, keluhan baterai boros bukan lagi milik pengguna duet Galaxy S7. Pengalaman menjajal video, mendengar lagu, bermain game, dan berselancar di jagat maya pun lebih mumpuni.

hasil foto
Untuk kamera smartphone, Samsung memang dikenal sebagai leader. Sebelumnya, kamera Galaxy S6 dinobatkan sebagai kamera smartphone terbaik.
Namun gelar itu tampaknya harus diestafetkan ke Galaxy S7. Pasalnya, kamera yang diusung benar-benar meningkatkan pengalaman pengguna menjepret gambar.

Tak perlu khawatir dengan kondisi minim cahaya (low-light), sebab kamera Galaxy S7 memiliki bukaan f/1.7 atau meningkat dari yang sebelumnya f/1.9.

Meski kualitas sensornya diturunkan menjadi 12 megapiksel (sebelumnya 16 megapiksel), kualitas bidikan gambarnya sebenarnya setara 24 megapiksel. Hal itu dimungkinkan teknologi “dual pixel” yang lebih rapi menangkap gambar.
Fitur hilang yang dikembalikan

Kembalinya fitur water-resistant dan slot microSD juga merupakan bagian dari peningkatan pengalaman yang dimaksud Samsung. Diketahui, kedua fitur itu sempat hadir pada Galaxy S5 dan absen pada Galaxy S6.

Tak semata-mata kembali hadir, kedua fitur juga diperkuat. Water-resistant yang sebelumnya bersertifikasi IP67 ditingkatkan menjadi IP68. Hal itu memungkinkan pengguna menenggelamkan ponsel ke air berkedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit.

Kover pelindung air pada port USB juga ditiadakan. Dengan peningkatan teknologi, tak masalah jika air membasahi port USB yang telanjang.

Slot microSD dipasang kembali sebagai jawaban atas permintaan pengguna. Kali ini, memori eksternal yang hendak dipasang bisa mencapai 200 GB.

Spesifikasi lain Galaxy S7 dan S7 Edge antara lain RAM 4 GB, prosesor Exynos 8890 buatan Samsung atau Qualcomm Snapdragon 820 -tergantung wilayah pemasaran-, dan sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1.
Adapula fitur-fitur yang ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Masing-masing adalah “Always on Display”, “Game Launcher”, dan “Game Tools.

Kedua ponsel bakal hadir di pasar global mulai 11 Maret mendatang. Sayangnya, belum dibeberkan harga jual kedua flagship.