Microsoft Tambah Fitur Baru, Cortana Semakin Cerdas

babatpost.com – Microsoft semakin memanjakan pelangan nya dengan mengumumkan beberapa fitur baru yang dimiliki asisten personal virtualnya, Cortana. Raksasa mesin pencari itu membuat Cortana menjadi lebih pintar.

Sejak muncul pertama kali di Windows Phone 8.1 pada 2014, asisten digital Cortana semakin pintar dengan berbagai kemampuan baru. Kali ini, layanan milik Microsoft tersebut sedang bersiap hadir dengan kemampuan baru lainnya.

Read More

Dilansir The Verge, Jumat (1/4/2016), Microsoft memperluas kemampuan Cortana dengan integrasi lebih baik untuk aplikasi email Outlook dan kalender. Selain itu, juga lebih pintar dalam mengenali waktu secara spesifik dan permintaan aktivitas.

Berita Terkait :  Untuk internet Kecepatan tinggi Microsoft dan Facebook kerja sama bangun kabel bawah laut

Fitur baru lainnya termasuk membalas pesan yang datang dari ponsel Android di PC Windows. Menurut laporan GSM Arena, Cortana bisa mengirimkan email yang berisi lampiran.

Selain itu, developer juga akan bisa mengintegrasikan Cortana ke dalam aplikasi mereka. Sehingga pengguna bisa melakukan tindakan dengan perintah suara dan fungsi otomatis lainnya. Cortana juga terintegrasi dengan Skype, memberikan bantuan melalui antarmuka chat.

Lebih lanjut, Microsoft mengatakan bahwa beberapa pembaruan lain Cortana akan dihadirkan pada Anniversary Update untuk Windows 10 pada akhir tahun ini.

Berita Terkait :  Kabar Buruk, iPhone Lama Ngga Bisa Upgrade iOS 11

Dilansir Neowin, Senin (7/3/2016), sebuah akun @tfwboredom mem-posting screenshotpengaturan layanan Cortana. Dari gambar itu diketahui bahwa Microsoft berencana menambahkan notifikasi lintas perangkat (cross-device) untuk asisten digital tersebut.

Salah satu yang sudah diketahui adalah Cortana untuk platform Android. Untuk Android, Cortana dapat diaktifkan dengan perintah “Hey Cortana” ketika pengguna sedang berada di halaman depan atau suatu aplikasi.

Tak hanya itu, bagi pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 10, Cortana versi Android juga dapat disinkronisasi dengan perangkat tersebut. Jadi, pengguna akan tetap dapat terhubung dengan Cortana ketika menggunakan PC atau laptop, termasuk ketika ada notifikasi.

Berita Terkait :  4 Cara Mengatasi Masalah pada PC/Laptop

Cortana sendiri saat ini bisa memberitahu pengguna di perangkat PC Windows 10 mereka jika ada panggilan tak terjawab di ponsel. Pemberitahuan tersebut bisa ditemukan di pengaturan, di bawah ‘Missed call notifications’.

Jika dilihat┬ádari screenshot @tfwboredom, Microsoft tampaknya berencana memperluas fungsi tersebut. Melalui pengaturan terbaru ‘Send phone notification’, Cortana juga akan bisa mengirim pemberitahuan kepada perangkat lain yang digunakan pengguna, tentang daya tahan baterai, pesan singkat dan notifikasi aplikasi.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Microsoft soal kehadiran fitur baru tersebut. Namun jika benar, fitur tersebut diprediksi akan mendapat sambutan baik dari para pengguna.

Related posts