Gempa 5,9 SR serang Bengkulu, puluhan rumah rusak dan rubuh

Babatpost.com – Gempa 5,9 SR serang Bengkulu, puluhan rumah rusak dan rubuh, Indonesia belum tenang dari gempa, jika minggu lali serangan gempa terjadi di daerah Jawa Barat. Gempat kembali terulang di daerah Sumatra tepatnya di Kabupaten Bengkulu. gempa dengan kekuatan 5,9 SR itu telah merusakkan puluhan rumah.

Kepala BPBD Kota Bengkulu, Mulyani mengatakan, empat rumah rusak parah masing-masing di RT 25 Gang Serawai Kelurahan Pekan Sabtu satu unit. Kondisinya bagian belakang rumah itu roboh. Sedangkan tiga rumah rusak lainnya di RT 40 Kelurahan Sukarami, Kecamatan Selebar.

”Untuk bangunan yang tergolong rusak parah baru terdata didua kelurahan,” kata Mulyani kepada Okezone, Minggu (10/4/2016).

Berita Terkait :  DPRD Bengkulu mempertanyakan pemotongan DAU Rp40 miliar

gempa bengkulu

Didua kelurahan itu, tambah Mulyani, juga terdapat bangunan yang mengalami rusak sedang yakni bagian dinding yang telah diplaster berjatuhan akibat gempa. Masing-masing di RT 25 Pekan Sabtu 10 rumah dan di RT 40 Sukarami 10 rumah.

Bangunan rumah di RT 25 Pekan Sabtu yang dihuni oleh 40 kepala keluarga (KK) juga mengalami retak-retak atau rusak ringan, baik pada bagian dinding, maupun kolom rumah di bagian bawah.

Kondisi bangunan retak-retak akibat gempa juga terjadi di RT 40 Kelurahan Sukarami. ”Plasteran semen di dinding rumah didua kelurahan juga mengalami kerusakan. Kalau retak-retak akibat gempa didua kelurahan itu mencapai puluhan,” ujar Mulyani.

Berita Terkait :  DPRD Bengkulu minta Silpa APBD untuk penanganan COVID-19

Dampak lainnya akibat gempa 5,9 SR pagi tadi, adanya struktur bangunan di RT 40 Kelurahan Sukarami mengalami turun ke bawah yang diduga akibat kuda-kuda bangunan rumah lepas.

”Seluruh bangunan yang mengalami rusak didua kelurahan itu masih bisa dihuni warga,” tandas Mulyani.

BPBD hingga kini masih terus mendata dampak gempa.

Sebagaimana diketahui, gempa tektonik 5,9 SR terjadi di Bengkulu, Minggu (10/4/2016) pukul 9.14 WIB. Gempa berdekadalam 16 kilometer ini, pusatnya berada di 61 Km arah barat daya Bengkulu. Selang sejam kemudian gempa susulan terjadi dengan skala 4,8 SR.