Cara Mudah Hindari Emotional Eating

BABAT POST – Secara artian umum, emotional eating adalah keinginan untuk memakan segala jenis makanan secara berlebihan dikarenakan emosi yang sedang tidak stabil. Dikarenakan hal ini, tidak jarang berat dan bentuk tubuh seseorang akan bertambah berat dan besar karena makanan yang diasupnya tidak terkendali.

Namun, ada cara yang efektif untuk menanggulangi hasrat ingin makan ketika suasana hati sedang tidak menentu. Berikut cara-cara tersebut.

Mengenali permasalahan
Ada baiknya kamu mengetahui masalah yang sedang dihadapi atau penyebabnya agar dapat menghentikan kebiasaan makan ketika muncul suatu masalah. Pada umumnya, seorang emotional eater akan melakukan aktivitasnya ketika sedang stres, namun ada kalanya hal tersebut terjadi ketika seseorang itu sedang dilanda kebosanan.

Berita Terkait :  Yuk Lihat Cara Pandang Orang Kurus dan Gemuk Dalam Melihat Makanan

Ketika kamu sudah dapat memetakan di mana letak permasalahan dan bagaimana seharusnya mengatasinya, maka secara otomatis, hasrat untuk makan dapat direduksi. Hal ini dikarenakan otak akan lebih terfokus untuk mencari solusi atau pemecahan masalahnya.

Doktrin diri sendiri
Kekuatan doktrin untuk diri sendiri merupakan salah satu langkah yang efektif dan mudah dilakukan oleh semua orang ketika perasaan hati sedang gundah dan tidak menentu. Dengan mengatakan pada diri sendiri, Saya bisa atau Saya mampu, maka secara tidak langsung akan membuat mindset kamu terfokus untuk dapat menjadikan diri lebih baik.

Berita Terkait :  Yuk Kurangi Lemak di Wajah dengan Cara Berikut

Motivasi seperti ini juga dapat membuat kamu tidak lagi takut dan gundah ketika suatu masalah menerpa. Memang awalnya akan sedikit sulit, khususnya bagi emotional eater, karena pada umumnya makanan adalah pelarian ketika muncul masalah.

Namun, ketika sudah menekankan dan mengatur mindset bahwa dapat menolak untuk terus mengunyah dan mampu melewati setiap masalah, maka kamu tidak akan kembali menjadi seorang emotional eater.

Menyibukkan diri
Baik juga ketika sedang dirundung masalah atau keadaan hati sedang tidak menentu, daripada melampiaskannya ke makanan, kamu dapat mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas fisik lainnya. Ada banyak jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan, seperti olahraga, membuat sesuatu sampai dengan membersihkan rumah, sebagai contoh kecilnya.

Berita Terkait :  Berikut Alasan Larangan Bayi Diajak Keluar Rumah Sebelum 40 Hari

Pada dasarnya, seorang emotional eater tidak dapat menolak godaan akan makanan ketika mereka sedang memiliki permasalahan karena tidak ada hal lain yang dapat mereka lakukan. Oleh karenanya, untuk dapat menyibukkan diri dan membuat mereka sibuk, maka dengan mengunyah makanan menjadi solusi tepatnya, padahal hal tersebut justru berbahaya bagi kesehatan.

Memang, sih, masih ada banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk menghindarkan diri Anda menjadi seorang emotional eater, akan tetapi semuanya terletak di pikiran kamu dan seberapa kuat kamu bisa mengendalikan pikiran serta emosimu sendiri.

Related posts