6 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

BABAT POST – mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi semua orang, hal ini karena dengan adanya mata maka seseorang bisa melihat dunia dan isinya, dan dengan menggunakan mata juga seseorang dapat mengenali teman, keluarga, orang tua dan anak. anda bisa bayangkan jika organ yang satu ini tidak berfungsi, tentunya dunia akan terasa gelap gulita.

Namun saat ini, akibat kecanggihan teknologi banyak sekali orang yang mengeluh sakit pada matanya. Setelah diperiksa ke dokter spesialis mata, ternyata mereka menderita penyakit mata, seperti rabun jauh. Para orangtua pun tidak kalah, penyakit rabun dekat juga terkadang ikut menghampiri. Nah, , berikut ini akan kita bahas tentang tips kesehatan mata. Sebaiknya baca sampai tuntas ya agar nanti terhindar dari penyakit mata. Berikut Tips Kesehatan Mata :

  1. Jangan Membaca Sambil Tiduran
    Terkadang saat santai kita seringkali membaca buku, main handphone atau menonton tv sambil tiduran. Bagi yang suka melakukan kebiasaan ini, sebaiknya mulai sekarang ganti kebiasaan dengan membaca, main handphone, atau menonton tv sambil duduk ya, agar mata kita tetap awet. Sebab ketika kita tidur, sudut pandang mata kita menjadi tidak nyaman untuk membaca tulisan, bahkan bisa terkena penyakit miopi jika terus-menerus dilakukan.
  2. Perhatikan Jarak Membaca
    Ketika membaca buku, perhatikan jarak membacanya, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Usahakan buku berjarak sekitar 30 cm dari kita, itu adalah jarak yang ideal. Membaca terlalu dekat membuat mata anda bisa berpotensi terkena rabun jauh. Selain itu jika anda membaca pada layar handphone terlalu dekat, cahaya pada layar handphone dapat meradiasi mata anda nantinya.
  3. Beri Pencahayaan Yang Cukup Saat Membaca
    Membaca dalam ruangan yang minim penerangan bisa menyebabkan mata kita terlalu lelah, akibatnya penglihatan menjadi berkurang. Sebaiknya membaca pada ruangan yang cukup terang. Bagi yang sering mainan di handphone, jangan biarkan pencahayaan di handphone terlalu terang, sebaiknya dikurangi agar sinarnya tidak terlalu mengganggu mata.
  4. Jangan Lupa Berkedip.
    Saat membaca atau menonton tv, usahakan sering berkedip agar lensa mata tidak kering. Ketika mata berkedip, lensa mata dan bola mata akan tetap basah sehingga tidak menyebabkan pergesekan yang bisa mengakibatkan luka pada mata.
  5. Hindari Mengucek Mata
    Mengucek mata saat mata gatal juga bisa berbahaya, karena bisa menyebabkan luka pada bola mata. Apalagi mengucek mata biasanya dilakukan secara spontan, belum sempat cuci tangan, sehingga kuman mudah masuk ke dalam mata. Bila kuman sudah masuk ke dalam mata, maka dapat menyebabkan iritasi mata merah.
  6. Jangan Biarkan Mata Terlalu Lelah
    Mata yang sudah mengantuk mengisyaratkan mata anda sudah lelah, sebaiknya jangan dipaksakan untuk terus bekerja. Mata juga seperti halnya tubuh, perlu istirahat yang cukup. Jangan paksa mata anda untuk melihat tanpa istirahat. Bila anda sering bekerja di depan komputer, sering-seringlah istirahatkan mata, agar mata anda tetap sehat.

Itulah 6 tips kesehatan mata yang dapat anda terapkan. Memiliki mata sehat adalah idaman setiap orang, jaga mata anda karena mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat bernilai harganya. Semoga artikel tips kesehatan mata ini bermanfaat untuk anda!

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More