Cara memasak Nasi Cawuk Makanan Khas Banyuwangi

  • Whatsapp

Babatpost.com – Cara memasak Nasi Cawuk Makanan Khas Banyuwangi, Sedang pergi ke Banyuwangi untu berwisata, yap Kota ini menyimpan banyak sekali wisata alam yang mungkin berbeda dengan kota – kota lain yang ada di Pulai Jawa. Ada Pantai, Air terjun sampai dengan savana atau padang rumput yang indah. Berwisata alam ini ternyata lebih menguras stamina dari pada wisata – wisata lainnya karena biasanya kita berjalan kaki untuk menikmatinya. Setelah capai yang paling oke adalah makan.

baca juga : Beberapa makanan Khas Banyuwangi yang layak dicoba

Read More
Berita Terkait :  Nikmat banget, resep es campur spesial berbuka puasa

Sembari berwisata tak ada salahnya sekalian mencoba Makanan Khas Banyuwangi yang bernama Nasi Cawuk atau sego cawuk ini. Memiliki rasa pedas matnap cocok sekali di nikmati ketika pertu keroncongan dan badan agak capai. Namun apa yang terjadi ketika anda kangen dengan rasa nasi ini ketika berada dirumah. Jangan khawatir berikut cara memasak Nasi Cawuk Makanan Khas Banyuwangi ini.

Bahan-bahan untuk kuah :
Air
Wadung
Belimbing wuluh
Penyedap rasa
Garam
Ikan teri/ lemuru
Daun pisang iris segi empat kecil untuk alas ikan teri
Bahan-bahan untuk acar mentimun :

Mentimun
Kelapa parut buang kulitnya
Bawang putih 4 siung
Bawang merah 4 siung
Cabe besar dan kecil masing-masing 3 buah, jika anda menyukai pedas bias ditambahkan secukupnya
Kacang cina goreng
Minyak untuk menggoreng bahan-bahan
Bahan untuk membuat sambal :

Berita Terkait :  Resep Daging Iris Tabur Cabai

Cabe kecil 5 buah atau sesuai selera
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Cara Membuat Masakan Sego Cawuk Yang Mantapp :

  • Kukus ikan teri yang sudah di tata di atas daun pisang sampai matang dan tata dalam wadah.
  • Goreng gula tanpa minyak dan buat seperti caramel, setelah bewarna hitam kecoklatan tambahkan air, kemudian beri irisan belimbing wuluh, wadung, garam dan penyedap rasa. Biarkan kuah sampai mendidih dan matang. Setelah kuah matang, tuangkan kuah ke dalam wadah yang berisi ikan teri.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe kecil, kacang goring. Kemudian semua bahan-bahan di goreng sampai matang. Masukan parutan kelapa, tambahkan air dan masukkan irisan mentimun yang dirajang kecil-kecil. Aduk sampai rata, dan tunngu sampai semua bahan matang, dan taruh dalam wadah yang telah disiapkan.
  • Untuk membuat sambal dengan cara haluskan cabe kecil, garam, gula, dan tambahkan penyedap rasa, setelah halus tempatkan di wadah yang sudah di sediakan.
  • Setelah semua bahan-bahan matang, tempatkan nasi secukupnya di dalam piring, tambahkan acar timun, kuah ikan teri, dan beri sambal.
Berita Terkait :  Masakan Padang, Makanan Favorit Di Acara Festival Asean Plus

nasi cawuk

Nah nasi Cawuk Makanan Khas Banyuwangi ini siap disantap bersama dengan keluarga.

Related posts