Beranda Gaya Hidup Perempuan Yuk Simak Tips Cantik Saat Liburan

Yuk Simak Tips Cantik Saat Liburan

Iklan

BABAT POST – Wanita pastinya selalu ingin tampil cantik dimanapun dan kapanpun. Bahkan saat pergi berwisata, tetap cantik adalah syarat wajib untuk setiap wanita terutama bagi pecinta mode saat sedang menikmati liburan.

Namun, pastikan supaya riasan wajah Anda tidak terlalu tebal dan berlebihan, terutama ketika liburan Anda banyak melakukan kegiatan luar ruangan dan olahraga air.

Seorang penata rias profesional dan beauty blogger, Endi Feng (@Endi_Feng), dan Hellua (@lipstickmafiaaa) memberikan beberapa taktik cantik selama berlibur.

“Make up for travelling, sebenernya lebih simple karena hanya menggunakan sun screen, foundation, concealer, bedak, alis, eyeshadow, bulu mata, dan lipstick,” ujar Endi Feng.

Endi menambahkan hal yang terpenting yang harus digunakan adalah sun screen, apalagi jika Anda berlibur ke pantai atau banyak beraktivitas di laut.’

Sebab, menurut dia, kulit sangat tidak bersahabat dengan matahari. Oleh karena itu sangat penting menggunakan sun screen.

Selain itu, jangan melupakan untuk memulaskan foundation agar meratakan kulit, dan concealer untuk menutupi kantong mata, dan jerawat Anda.

Hal lain yang dapat digunakan ketika Anda liburan adalah bedak, alis, eyeshadow dan lipstick. Anda juga bisa menggunakan bronzer dan highlight.

“Aku sebenarnya tidak menyarankan pakai eyeliner, sebab kalau pakai eyeliner suka beleber atau luntur,” tambahnya.

Membawa make up untuk berlibur, Endi menyarankan, membawa beberapa item yang diperlukan, jangan terlalu banyak, dan usahakan yang multifungsi, seperti halnya hanya membawa dua warna lipstick, warna natural dan warna gelap untuk malam hari.

Intinya, Endi menegaskan ketika Anda make up untuk liburan, lebih baik dengan warna yang natural, dan se-simple mungkin.

Selain itu, sebelum pergi berlibur sebaiknya pastikan tubuh tampil prima sehingga kita bisa tampil percaya diri saat berlibur. Berikut ini 5 perawatan tubuh yang harus dilakukan sebelum pergi berlibur, serta 5 produk kecantikan yang wajib dikenakan selama berada di pantai.

1. Nutrisi wajah

Agar wajah siap ‘bersahabat’ dengan sinar matahari saat berada di udara pantai yang panas, lakukan terapi ozon bagi kulit wajah sebelum Anda pergi berlibur. Terapi ini juga sekaligus dapat membersihkan bakteri yang menempel pada wajah. Hasilnya, wajah tak hanya lebih cerah dan bersih, tapi juga dalam kondisi prima bila harus berhadapan dengan sinar ultraviolet.

2. Bebaskan kulit dari bulu

Jangan lupa membersihkan bulu-bulu pada area kaki, ketiak, hingga area bikini line. Proses waxing dapat menjadi pilihan paling ampuh untuk membersihkan dan mencegah bulu kembali tumbuh dengan cepat dan higienis. Apabila ragu, lakukan waxing di salon dengan kredibilitas baik dan terjaga kebersihannya. Waktu terbaik untuk melakukan waxing adalah setelah mandi, karena ketika itu tubuh masih dalam kondisi lembap.

3. Manicure-pedicure itu wajib

Bersihkan kuku kaki dan tangan sebelum pergi berlibur dengan melakukan manicure dan pedicure. Hindari pengolesan cat kuku berwarna, karena apabila cat kuku terkelupas, kuku akan terlihat kotor dan tidak rapi seketika itu juga. Agar kotoran tidak mudah masuk ke dalam kuku saat bermain pasir di pantai, potonglah kuku hingga tersisa maksimal 25 mm.

4. Lindungi diri dari ultraviolet

Beri perlindungan ekstra bagi kulit wajah dan tubuh Anda dari paparan sinar matahari. Karena, radiasi sinar matahari dari pukul 11.00 -14.00 siang dapat merusak lapisan kolagen dan fungsi elastisitas pada kulit. Gunakan tabir surya SPF 50 pada area wajah dan seluruh tubuh secara merata. Bila tubuh sudah basah setelah berenang, ulangi pemakaian tabir surya agar kulit selalu terlindung.

Rambut pun rentan terhadap kerusakan saat asyik di pantai dalam waktu lama. Oleskan leave in conditioner untuk memberi perisai bagi rambut terhadap sinar ultraviolet, air garam, maupun kaporit di kolam renang.

5. Tubuh harum sepanjang hari

Udara panas membuat tubuh berkeringat. Hati-hati, jangan sampai bau badan mengurangi nilai kecantikan Anda di antara deretan wanita yang bersantai di bawah parasol.

Ingat, jangan menambahkan semprotan minyak wangi saat Anda berkeringat, karena hal ini justru akan membuat aroma tubuh makin menyengat. Cegah bau badan dengan menyemprotkan deodorant spray sesudah mandi pagi, tepat sebelum Anda memulai aktivitas.

6. Mata juga berlibur

Saat pelesir, riasan hendaknya tipis dan tidak menor. Beralihlah ke make up waterproof untuk membuat riasan tidak luntur saat berenang atau berkeringat ketika berjalan menyusuri toko cendera mata di Seminyak. Selain perona mata dan pipi, pastikan juga maskara yang Anda pakai tak saja membuat bulu mata tebal dan lentik, tapi juga berjenis water proof.

7. Bibir tetap sensual

Udara tropis yang panas akan dengan mudah meningkatkan penguapan kadar air dalam tubuh. Selain cukup minum 8 gelas untuk mencegah dehidrasi, perhatikan juga kesehatan kulit bibir agar tak pecah-pecah bahkan mengelupas. Oleskan lip balm yang mengandung White Petrolatum USP, agar kelembapan kulit bibir dapat terjaga. Segera ulangi pengolesan, apabila bibir mulai terasa kering.

8. Setelah berjemur

Apabila tubuh berada di bawah paparan sinar matahari lebih dari 4jam, begitu selesai dan sampai di rumah segera oleskan after sun lotion. After sun lotion sangat penting untuk mendinginkan kulit yang tersengat matahari dan memberi rasa nyaman pada area yang sensitif. After sun lotion kaya akan ekstrak aloe vera dan vitamin yang berkhasiat merangsang sel kulit beregenerasi dan mencegahnya dari pengelupasan yang berlebihan.

9. Cara benar segarkan wajah

Sinar matahari terik kadang-kadang membuat wajah terasa panas, dan muncul dorongan untuk segera mencucinya. Ini bukan tindakan yang bijak. Kulit yang panas sebaiknya tidak diguyur air dingin, karena saat suhu kulit panas akibat panas matahari dan keringat, pori-pori sedang terbuka lebar dan akan mudah tersumbat bila dibasuh air.

Tunggulah beberapa saat sampai suhu tubuh kembali normal dan pori kulit berada dalam kondisi yang normal.Barulah mencuci muka, dimulai dengan mencuci tangan terlebih dahulu agar kotoran, kuman, dan zat-zat lain yang menempel di tangan tidak berpindah ke wajah.

Saat kulit wajah terasa kering dan penat, bersihkan dulu dari keringat dengan handuk, lalu semprotkan face spray yang mengandung mineral. Dalam sekejap, wajah dan area leher akan kembali segar tanpa disertai rasa lengket. Praktis dan aman untuk kulit wajah.