Terlalu Mubazir, Honda Jazz Turbo Tak Akan Masuki Pasar Indonesia

BABAT POST – Kabar bagus datang dari Honda Jepang, dimana salah satu line up nya yaitu Honda Fit atau yang lebih dikenal dengan Jazz di Indonesia akan dibekali dengan mesin terbaru berteknologi turbo. Ini akan menambah gairah di segmen hatchback khususnya di pasar Jepang.

Hal ini diektahui setelah bulan lalu model facelift Honda Fit/Jazz telah muncul di salah satu majalah Jepang. Sejak saat itu berbagai informasi merebak termasuk soal pilihan mesin baru, 1.0L turbo. Sayangnya, peluang Jazz menjadi model kedua Honda dengan mesin turbo di Indonesia tipis.

Berita Terkait :  Honda CR-V Generasi Kelima Bakal Menyerupai Generasi Kelima Civic?

Pihak Honda Prospect Motor (HPM) menilai tidak ada benefitnya menawarkan mesin 1.0L turbo pada Jazz. Kasusnya berbeda seperti All-New Civic bermesin 1.5L turbo yang sudah dijual sejak April lalu.

HPM hanya menjual Civic terbaru dengan satu pilihan mesin, 1.5L turbo, keputusan ini dianggap menguntungkan sebab model itu masuk golongan kena Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 30 persen. Pilihan mesin Civic yang lain, 1.8L non-turbo, ditangguhkan karena masuk golongan kena PPnBM 40 persen.

Berita Terkait :  Tips Berkendara Saat Lampu Merah Bagi Pengendara Mobil Transmisi Otomatis

Beban pajak lebih besar berarti harga jual ke pasaran lebih tinggi. Selain itu, mesin Civic 1.5L turbo menghasilkan tenaga dan torsi jauh lebih tinggi dari 1.8L, jadi menawarkan dua pilihan dianggap mubazir.

Jazz

Hatchback Jazz masuk golongan kena PPnBM 10 persen untuk kapasitas mesin kurang dari 1.500cc. Jika saja, 1.0L turbo yang dijual maka beban pajaknya tidak berubah. Tapi, harga jualnya bisa terangkat karena teknologi turbo lebih mahal.

“Turbo kan mahal, kalau kami taruh di Jazz, ya ke depannya mungkin saja, tapi kalau di Jazz harganya kan naik dan enggak ada benefitnya,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, di Bogor, Jumat (3/6/2016).

Berita Terkait :  Resmi diluncurkan, Ini Perbandingan Wuling Confero S, Toyota Avanza Veloz dan Suzuki Ertiga

Civic generasi kesepuluh adalah model pertama dengan mesin turbo yang ditawarkan Honda di Indonesia. Sebelumnya memang sudah banyak model dengan mesin turbo di dalam negeri, tapi teknologi tenaga induksi itu terhitung masih belum mainstream. Jadi, pemakaian dan perawatannya masih perlu diedukasi ke konsumen.

 

Related posts