Meski Dicap Negatif Permintaan Helm Bekas Tetap Tinggi

BABAT POST – Jika kita melintas disepanjang jalan terkadang kita melihat penjual helm kondisi bekas di beberapa tempat. Salah satu kawasan yang terkenal menjual helm bekas adalah Jatinegara, Jakarta Timur. Keberadaan pedagang helm bekas pakai ini karena memang ada pasar yang membutuhkan helm bekas pakai ini.

Cap negatif, terutama mengenai dari mana datangnya helm bekas pakai ini sudah sering didengar. Selain melalui aktivitas jual beli dari konsumen, ketersediaan helm bekas ini ada karena tindakan kriminal pencurian helm.

“Saya tidak memungkiri. Memang seperti itu keadaannya. Ini karena saya juga menerima barang dari masyarakat untuk dijual kembali. Ada pasar, mau bagaimana lagi,” ucap salah satu pedagang di kawasan Jatinegara, sebut saja T, sebagaimana dilansir Otomania.

Menurut T, seringkali terjadi adalah ada seseorang yang datang dengan beberapa helm bekas pakai untuk ditawarkan dijual kepadanya. Kondisi helm tersebut beragam, mayoritas dengan kondisi tali pengaman terputus.

Dari orang tersebut T mengeluarkan model paling besar Rp 120 ribu per helm, bahkan kurang. Helm-helm tersebut nantinya akan diperbaiki mulai dari perbaikan busa helm, kaca helm, tali pengaman hingga sedikit perbaikan di cat.

“Paling perbaikan dilakukan selang dua hari setelah menerima barang. Biasanya tidak langsung dipajang di lapak, tunggu seminggu dahulu baru berani pajang di luar,” ucap T.

Hal ini karena pernah kejadian ada orang yang mengaku helm yang dipajang di lapak adalah miliknya yang hilang beberapa hari lalu. Jika sudah demikian pedagang biasanya melepas helm tersebut ke si pemilik helm dengan harga modal.

“Daripada ribut kenapa-kenapa, saya lepas saja dengan harga modal waktu ambil helm bekas tersebut. Asal yang penting tidak dilaporkan,” ungkap T.

T tidak mengungkapkan seberapa besar porsi pedagang helm bekas mendapatkan barang dari tindak kriminal dibandingkan dengan helm bekas yang datang ke tempatnya dengan orang yang memang benar pemiliknya datang untuk menjual helm tersebut. Pastinya permintaan helm bekas pakai selalu ada, baik jual maupun beli.

Helm bekas dengan hasil kriminal ini ada karena memang permintaan helm bekas pakai cukup besar di masyarakat. Sebaiknya sebelum memutuskan membeli helm seken calon konsumen mempertimbangkan baik dan buruknya keputusan menggunakan helm bekas ini. Keputusan akhir berada di tangan calon konsumen.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More