Tips Menyimpan Buah dan Sayuran di Dalam Kulkas

  • Share

BABAT POST – Para ibu-ibu rumah tangga selalu dibuat bingung dan repot dengan sayuran dan buah-buahan yang disimpan di dalam kulkas tetapi beberapa hari kemudian sudah layu. Masalah ini bisa terjadi jika tidak meletakkan sayuran di bagian yang tepat dan menggunakan kulkas biasa.

Ahli gizi Jansen Ongko mengatakan, sayur bisa menjadi layu karena kadar airnya berkurang setelah disimpan dalam kulkas.

“Buah dan sayur menjadi kering atau kehilangan kadar air jika di dalam kulkas kelembabannya kurang. Kehilangan kadar air membuat sayur jadi layu, warnanya menguning,” kata Jansen di Jakarta.

Jansen mengatakan, sayuran hijau yang menguning berarti telah mengalami penurunan kandungan nutrisi. Untuk itu, penyimpanan buah dan sayuran di dalam kulkas ada bagiannya. Tipe kulkas pun memengaruhi kesegaran buah dan sayur.

Berita Terkait :  Selfie Berhadiah Tengkleng Gratis di Kampung Jokowi

Nah, agar sayur dan buah tetap segar di rumah, simak tip menyimpan buah dan sayur di bawah ini, seperti yang dilansir Fit Sugar.

1. Beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran menghasilkan gas yang disebut ethylene saat mereka matang. Gas ini dapat mematangkan buah atau sayuran yang sebenarnya justru merusak mereka karena mereka sensitif terhadap gas tersebut. Untuk itu sebaiknya pisahkan alpukat, pisang, melon, kiwi, mangga, nektarin, pir, plum, dan tomat di tempat yang berbeda dengan apel, brokoli, wortel, sayuran hijau, dan semangka.

2. Simpan kentang, bawang, dan tomat di tempat yang sejuk dan kering, tapi tidak di lemari es. Suhu yang dingin akan merusak rasa mereka.

Berita Terkait :  Resep masak Makanan Khas Pacitan, Kue Putri Gunung

3. Simpan buah-buahan mentah dan sayuran seperti pir, persik, plum, kiwi, mangga, aprikot, alpukat, melon, dan pisang di meja. Setelah mereka matang, pindahkan ke lemari es. Kulit pisang akan berubah menjadi cokelat gelap, tapi itu tidak akan mempengaruhi rasa dagingnya.

4. Simpan rempah-rempah segar di dalam kantong yang diisi dengan sedikit udara dan disegel rapat.

5. Jeruk, jeruk nipis, serta jenis jeruk lainnya akan bertahan dengan baik selama seminggu jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, juga tak terkena sinar matahari langsung. Jika ingin lebih awet, Anda dapat menyimpannya di lemari es dalam kantung plastik berlubang.

Berita Terkait :  Trik untuk Menikmati Kesempurnaan Secangkir Kopi

6. Menyimpan seledri dalam alumium foil akan membuatnya segar lebih lama.

7. Sayuran jenis lain seperti wortel, selada, dan brokoli atau sayuran yang mudah busuk, sebaiknya pisahkan dengan sayuran lainnya dengan kantung terpisah, dan simpan dalam lemari es.

8. Potong daun nanas yang berada di bagian paling atas dan simpan nanas dengan posisi terbalik. Hal ini membantu mendistribusikan gula yang tenggelam di dasar daging buah nanas selama pengiriman dan juga membantu nanas tahan lebih lama.

9. Hindari mencuci segala jenis buah beri kecuali jika Anda ingin segera memakannya. Buah beri yang basah dan tidak langsung dikonsumsi akan sangat mudah ditumbuhi jamur.

  • Share