Lebaran 2016 bakal di tentukan hari ini 4 Juli, lewat sidang isbat

  • Share

Babatpost.com – Lebaran 2016 bakal di tentukan hari ini 4 Juli, lewat sidang isbat, Penentuan 1 syawal 1437 H, akan segera dilakukan hari ini 4 Juli 2016 oleh kementrian agama. Untuk menentukan kapan Idul Fitri bakal berlangsung ada 191 titik yang akan dijadikan patokan.

Sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag terkait posisi hilal secara astronomis pada 29 Ramadan 1437H/2016.

“Setelah solat Magrib, dilaksanakan sidang isbat yang dilakukan secara tertutup, seperti tahun lalu,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/7/2016) lalu. Lebaran 2016

Berita Terkait :  Rumor Transfer Hari Ini : David De Gea ke PSG? Antonio Conte Tolak Milan, Alexis Sanchez dan Rumor Lainnya ?

Proses penentuan awal Syawal menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriyah. Hal itu sebagaimana diatur di dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Menurut Menag, fatwa itu juga mengatur kewajiban Kemenag untuk berkonsultasi dengan MUI, ormas-ormas Islam dan instansi terkait sebelum menentukan ketiganya.

“Selama ini, pemerintah Indonesia mengkuti fatwa MUI yang lahir tahun 2004. Di situ dinyatakan bahwa  pemerintah mendapatkan kewenangan untuk menetapkan dengan dua metode, yaitu hisab dan rukyat. Dua-duanya digunakan,” kata dia. Lebaran 2016

Berita Terkait :  Inilah Daftar Target Kelompok Abu Mush'ab Selain Mapolresta Solo

Ia menambahkan, Kemenag juga telah menyiapkan petugas untuk memantau hilal di beberapa titik. Para petugas itu merupakan petugas yang telah terbiasa memantau hilal selama ini.

Adapun, untuk penentuan awal Syawal berdasarkan hitungan hisab, posisi hilal awal Syawal berada di bawah ufuk.

“Mereka juga disumpah kesaksiannya, apakah melihat atau tidak melihat hilal,” ujar Lukman.

 

 

 

Lebaran 2016 bakal di tentukan hari ini 4 Juli, lewat sidang isbat

  • Share