Hari Pertama Jadi Menteri, Muhadjir Effendy Merasa Kaget

  • Share

BABAT POST – Rabu kemarin (27/7/2016), Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan perombakan kabinet atau reshuffle jilid II di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dan hari ini (28/7/2016), para menteri baru mulai melakukan aktivitasnya. Salah satunya mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Muhadjir Effendy. Hari ini ia mulai terlihat beraktivitas di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hari pertamanya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menggantikan posisi Anies Baswedan. Muhadjir tampak datang lebih cepat dari jadwal yang sudah ditetapkan yaitu pukul 07.43 WIB.

“Setengah delapan, jam tujuh seperempat,” ujar Muhadjir kepada awak media yang menemuinya di Kantor Kemendikbud, Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Berita Terkait :  Idris Laena mengingatkan kudeta di Guinea terkait amendemen konstitusi

Saat tiba di kantor, rupanya beberapa staf sudah menanti kedatangannya dengan sambutan hangat. Tentunya hal itu bukan hal biasa baginya, sehingga tidak heran Muhadjir merasa kaget.

“Lain kali enggak usah begini ya,” ucap.

Di hari pertama sebagai menteri, Muhadjir ternyata sudah memiliki rencana yaitu melakukan konsolidasi rapat dengan para stafnya.

“Dengar-dengar dulu apa saja yang penting,” kata Muhadjir.

Selain Muhadjir, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto juga ditunjuk sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan oleh Presiden Joko Widodo dalam perombakan kabinet, Rabu (27/7/2016).

Berita Terkait :  Akademisi Uncen: Masyarakat adat adalah mitra strategis pemerintah

Wiranto ditunjuk menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan. Rencananya, serah terima jabatan antara akan dilangsungkan, Kamis (28/7/2016), pukul 10.00.

Tepat pukul 09.00, Wiranto dan istrinya tiba di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, menggunakan mobil dinas menteri dengan plat RI 16.

Setelah turun dari mobil, Wiranto yang menggunakan batik cokelat disambut sejumlah pejabat kementerian dan staf Kemenko Polhukam. Beberapa staf menggunakan kebaya dan pakaian batik.

Wiranto sempat dikalungi bunga berwarna ungu oleh staf Kemenko Polhukam. Sebelum acara serah terima jabatan, Wiranto menyempatkan menemui para staf yang bekerja di dalam Kantor Kemenko Polhukam.

Berita Terkait :  Resmi Jadi Ketua Umum PBSI, Wiranto Mengaku Bangga dan Haru

Selain Muhadjir dan Wiranto, berikut daftar menteri baru tersebut:

1. Menteri Keuangan Sri Mulyani

2. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo

3. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

4. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

5. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

6. Menteri ESDM Archandra Tahar

7. Menteri PAN dan RB Asman Abnur

8. Menteri Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan

9. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil

10. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong

11. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

  • Share