Home Otomotif Motor Alami Kebocoran, Kawasaki Z125 Ditarik dari Pasaran?

Alami Kebocoran, Kawasaki Z125 Ditarik dari Pasaran?

177
0

BABAT POST – Pasca diluncurkan di Indonesia pada akhir Februari 2016 lalu, Produsen sepeda motor asal Jepang, Kawasaki, umumkan recall produk Z125 Pro 2016 yang dipasarkan di Amerika. Penarikan kembali ini terkait dengan potensi kebocoran pelumas dari suspensi belakang.

Mengutip Motorcycle.com, Senin (1/8/2016) setidakya ada sekitar 1.282 unit Z125 yang diproduksi sebelum 9 Juni 2016 yang harus diperbaiki. Namun apakah recall ini juga berdampak pada produk Indonesia? Pihak Kawasaki, Michael Candra Tanadhi, Deputy Head Sales Dept Marketing and Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) belum memberi jawaban saat coba dikonfirmasi KompasOtomotif, Senin (1/8/2016).

Menurut dokumen yang dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika, sokbreker belakang dianggap mendapat sedikit gangguan selama proses manufaktur. Hal ini menyebabkan pelumas sokbreker belakang bisa bocor saat motor dikendarai, sehingga bisa mengurangi kinerja suspensi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Masalah ini pertama kali dilaporkan pada April 2016. Kawasaki kemudian memeriksa unitnya di lokasi penyimpanan di Thailand, dan menemukan tanda-tanda pelumas yang merembes pada batang piston dari suspensi dan terdeteksi beberapa unit. Kawasaki kemudian menyampaikan hal ini kepada pemasok suspensi Z125, untuk meminta penyelidikan lebih lanjut.

Sebuah penyelidikan yang dilakukan pemasok pada bulan Juni lalu menemukan, kalau pelumas yang digunakan dalam proses manufaktur, mempengaruhi karet sil pelumas pada suspensi. Pemasok kemudian menggunakan minyak berbeda untuk mengeliminasi masalah.

Dari hasil tersebut, pada tanggal 1 Juli 2016, Kawasaki memutuskan untuk memulai prosedur recall. Diler Kawasaki akan memeriksa unit yang di-recall dan mengganti peredam kejut bagian belakang.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, Kawasaki Z125 ini hadir dengan mengunakan mesin 4 tak dengan 1 silender, 2 valve dengan di sertai sistem SOHC 4-Speed akan memberikan perfoma motor yang lebih tangguh dan juga lebih handa. Apalagi motor Kawasaki Z125 ini dilengkapi dengan sistem pendinginan berupa udara yang akan berfungsi sebagai pengatur suhu mesin agar tetap stabil.

Sementara itu untuk mengefisiensikan pemakaian bahan bakar, Kawasaki telah menyertakan sistem Teknologi Fuell Injection dengan throttle body 24 mm sebagai sistem penyuplai bahan bakarnya. Jadi bukan hanya perfoma mesin saja yang tangguh namun motor sport kawasaki Z125 ini juga irit bahan bakar.