Selain Rossi, Inilah Kandidat Terkuat Pengganti Rio Haryanto

  • Share

BABAT POST – Masa depan pebalap Indonesia, Rio Haryanto di ajang Formula 1 (F1) masih terus menjadi perbincangan. Nama-nama driver kandidat pengganti Rio pun sudah mulai bermunculan. Salah satunya Alexander Rossi yang digosipkan tengah dipersiapkan Tim Rio, Manor Racing sebagai pembalap pengganti.

Rio yang menjadi berstatus pay driver di Manor, masih belum bisa memenuhi kewajiban menyetor sejumlah uang. Dari 15 juta yang dikutip Manor, dia baru menyetor sebanyak delapan juta euro. Dengan begitu, masih ada kewajiban tujuh juta euro lagi.

Rio yang kontraknya berakhir usai GP Hungaria, mendapat kesempatan tampil pada GP Jerman yang berlangsung akhir bulan Juli 2016 lalu. Namun di paruh kedua musim balap 2016, tidak ada jaminan Rio bakal melanjutkan balapan sehingga Rossi digadang bakal mengisi posisi pembalap utama.

Kabar tersebut sebenarnya sudah dibantah langsung oleh Rossi. Pembalap berkebangsaan Amerika Serikat itu menegaskan bahwa saat ini peluang menjadi driver utama Tim Manor sangat kecil terwujud.

“Status saya di sini (Tim Manor) hanya merupakan pembalap cadangan, yang mana saya baru akan berada di balik kemudi jika ada salah satu dari mereka (Rio atau Pascal Wehrlein) mengalami masalah hingga tak bisa turun ke lintasan,” ucap Rossi, dikutip Motosport.

“Saya rasa sangat kecil kemungkinan itu (menjadi pembalap utama Tim Manor menggantikan Rio) terjadi di sisa musim ini. Akan tetapi jika mereka memang membutuhkan tenaga saya, maka saya akan sangat senang memberikannya,” lanjutnya.

Selain Rossi, Jordan King juga menjadi nama kandidat pengganti berikutnya. Driver binaan Manor itu pernah meraih prestasi tertingi dengan menjuarai British Formula 3 di tahun 2013 bersama Carlin.

Saat ini, Jordan masih berkiprah di ajang GP2. Dia membela tim Racing Engineering. Sejauh ini dia menempati posisi tujuh klasemen pebalap. Dia sudah memenangi dua kali balapan dan empat kali finis di posisi podium.

Saat F1 menjalani sesi tes di Silverstone beberapa waktu lalu, King juga turut menjajal mobil andalan Manor musim ini, MRT05.

Pebalap Manor di tahun lalu, Will Stevens, juga masuk bursa pengganti Rio. Stevens membalap sebanyak 17 seri bersama Manor di musim 2015.

Raihan terbaik Stevens sejauh itu adalah posisi 13 yang dicapai di GP Inggris 2015. Stevens yang saat ini turun di ajang FIA World Endurance juga belum mampu mencetak angka untuk Manor.

Pebalap cadangan tim McLaren, Stoffel Vandoorne, menjadi kandidat pengganti Rio keempat. Pebalap asal Belgia itu diprediksi menjadi pebalap yang paling potensial untuk menggantika Rio.

Vandoorne sudah pernah membalap di seri kedua F1 musim ini, saat menggantikan Fernando Alonso yang tak membalap karena mengalami cedera. Dia sudah membukukan satu angka.

Media Inggris, BBC, sudah menyebut Vandoorne menjadi kandidat paling kuat untuk menggantikan Rio. McLaren dan Honda diyakini akan bersedia mengucurkan dana untuk memberikan jam terbang lebih kepada pebalap yang disebut-sebut mempunyai potensi seperti Max Verstappen. Vandoorne dispekulasikan akan menggantikan Jenson Button musim depan.

Satu lagi kandidat pengganti Rio adalah Esteban Ocon. Dia merupakan test driver tim Renault. Dia saat ini berkompetisi di ajang DTM, dan menempati posisi 23 klasemen dari 10 kali balapan. Prestasi terbaiknya adalah menjadi juara GP3 Series bersama tim ART Grand Prix di tahun 2015.

 

  • Share