Rio Haryanto Kini Jadi Driver Cadangan Tim Manor Racing

  • Whatsapp

BABAT POST – Tak dipakainya lagi Rio Haryanto sebagai driver utama dari tim Manor Racing tidak hanya menimbulkan kekecewaan bagi Rio Haryanto dan keluarga. Tapi masyarakat pecinta balap Formula 1 di Indonesia.

Alasan tak dipakainya Rio yang merupakan keputusan dari tim Manor adalah tak terpenuhinya lagi kewajiban kontraktual terkait dana yang harus dibayarkan. Padahal Rio adalah pembalap pertama asal Indonesia dan satu-satunya di Asia yang berkompetisi di balap mobil paling bergengsi di dunia.

Read More
Berita Terkait :  Rio Haryanto siap habis - habisan di Formula 1 GP Hungaria

Saat acara meet and greet yang diselenggarakan Pertamina, Rio tak bisa menutupi rasa kecewanya terkait keputusan yang diambil oleh tim Manor. Namun dirinya tetap optimistis suatu saat nanti akan ada tim lain yang meminangnya sebagai pembalap utama.

“Kecewa itu sudah pasti tapi kita juga tak bisa berbuat banyak, ini berbicara masalah dana. Tapi saya juga bersyukur pertamina sudah membantu sejauh ini saya bisa terjun di balap F1,” ujarnya saat acara meet and greet di booth pertamina, GIIAS 2016, Sabtu (13/8/2016).

Dalam kesempatan yang sama, Indah Pennywati ibunda Rio juga merasa sedih dalam hal ini. Namun itu adalah konsekwensi yang harus diterima.

Berita Terkait :  Rio Haryanto dan Manor bawa pulang hasil tes mengesankan, berikut liputannya

“Ya gimana lagi, kita tak bisa memenuhi pembayaran yang separuhnya lagi,” ujarnya.

Saat disinggung bagaimana sikap pemerintah mengenai hal ini, dirinya tak mau berbicara banyak.

“Mungkin pemerintah punya alasan-alasan tertentu kenapa tidak bisa mendukung Rio di ajang F1, padahal ajang ini sebenarnya ada segi bisnisnya yang sebenarnya sangat bagus,” ujarnya

Sementara tawaran saat ini dari tim Manor Racing, Rio menjadi driver cadangan. Sampai saat ini belum ada rencana untuk pindah atau mendapatkan tawaran dari tim lain.

“Sampai akhir tahun semua tim sudah mempunyai kontrak dengan pembalap dan punya driver sendiri-sendiri. Kita menunggu di tahun yang baru, kecuali driver utamanya keluar atau bermasalah mungkin ini bisa jadi peluang Rio masuk,” ujarnya.

Berita Terkait :  Demi Selamatkan Karier Rio Haryanto di Formula 1, Piers Hunnisett Cari Sponsor Baru

Indah menambahkan, tim Manor racing sudah menawarkan untuk tahun depan Rio untuk menjadi pembalap utama namun, dengan kesepakatan kontraktul seperti tahun yang pernah di jalani.

Seperti diketahui, walau banyak mendapat dukungan, Rio juga mendapat banyak kritikan terutama karena sering berada di urutan akhir. Kariernya di Manor belum selesai karena dia telah ditawari sebagai reserve driver atau pembalap cadangan. Bahkan pihak Manor Racing menganggap kalau Rio adalah anggota tim yang sangat bernilai.

Sebagai informasi terkait dengan Pertamina, meskipun saat ini Rio menjadi pembalap cadangan, kontrak tetap berlangsung. Bila Rio turun dalam balapan baru stiker pertamina baru di pasang di mobil balap.

Related posts