Inilah Jembatan Terpanjang dan Tertinggi di Dunia yang Siap Menguji Nyalimu

BABAT POST – Bagi anda yang suka menantang adrenalin mungkin tak ada salahya mencoba untuk berkunjung ke tempat ini. Setelah ramai dibicarakan sejak tahun lalu, jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia akhirnya resmi dioperasikan di China. Dan anda butuh nyali ekstra untuk melewatinya!

China membuka jembatan kaca di Yuntai, Provinsi Henan, yang diklaim tertinggi dan terpanjang di dunia. Jembatan kaca buatan Israel ini pernah diuji dengan dihantam palu godam dan digilas mobil.

Read More

Jembatan kaca transparan ini dibangun di Taman Nasional Zhangjiajie oleh arsitek Israel, Haim Dotan. Tingginnya hampir 1.000 kaki atau sekitar 300 meter dari permukaan tanah. Sedangkan panjangnya sekitar 1.410 kaki atau sekitar 430 meter.

Berita Terkait :  Gelaran Budaya Nusantara di Tiongkok

Dengan begitu, jembatan kaca Zhangjiajie ini bahkan mengalahkan Grand Canyon Skywalk di AS yang panjangnya 21 meter dan tingginya 219 meter dari tanah. Juga mengalahkan Glacier Skywalk di Alberta, Kanada yang panjangnya 35 meter dan tingginya sedikit kurang dari 300 meter.

Secara bahan, jembatan itu tercipta dari 99 kaca jendela yang terbagi menjadi tiga lapis kaca transparan. Jembatan tersebut juga mendapat 10 rekor dunia untuk desain dan proses pengerjaannya. Bukan main-main.

Yang membuatnya makin menarik adalah lantai jembatan yang akan terbuat dari kaca. Meski tidak sepenuhnya, namun tetap bisa membuat wisatawan bergidik ngeri saat menengok ke bawah.

Pemerintah setempat berencana untuk mengadakan fashion show di jembatan kaca yang rampung dibangun Desember lalu dengan biaya USD3,4 juta itu.

Berita Terkait :  Ngeri, Bocah Kencing Di Pinggir Jalan Di Lindas Bis

Meskipun banyak yang khawatir tentang keselamatan jika berjalan di atas jembatan kaca tersebut, para pejabat Pemerintah China menjamin bahwa jembatan sepenuhnya aman. Uji coba dengan hantaman palu godam dan gilasan mobil berpenumpang pada Juni lalu sebagai buktinya.

Dotan mengatakan bahwa dia awalnya menolak keras gagasan membangun sebuah jembatan di atas jurang.

“‘Mengapa Anda ingin jembatan? Ini terlalu indah’,” kata dia mengingat apa yang dia katakana kepada pengembang saat itu.

”Akhirnya, Saya mengatakan kepadanya; ‘Kita bisa membangun jembatan tapi dengan satu syarat; Saya ingin jembatan ‘menghilang’.”

Menurut kantor berita Xinhua, Senin (22/8/2016), jembatan tersebut terbuat dari 99 panel kaca bening dengan lebar enam meter. Jembatan dapat menampung hingga 800 orang pada saat yang bersamaan.

Berita Terkait :  Tempat Wisata Di Kediri Yang Sedang Hits Terbaru

”Saya ingin merasa kagum terinspirasi oleh jembatan ini. Tapi saya tidak takut, tampaknya aman,” kata Wang Min, warga yang sedang mengunjungi struktur jembatan dengan suami dan anak-anaknya.

Bagi Anda yang tengah liburan ke China dan ingin menjajal jembatan kaca tersebut, disarankan untuk melakukan reservasi minimal sehari sebelumnya. Alasannya, jumlah wisatawan dibatasi hingga maksimal 8.000 orang saja per hari.

Pengelola juga melarang pengunjung membawa kamera atau melakukan selfie. Selain itu, pengunjung juga dilarang mengenakan sepatu hak tinggi kala berjalan di jembatan tersebut.

Pada tahun 2017 mendatang, pihak pengelola bahkan berencana untuk membuat tempat bungee jump di jembatan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Direktur Perusahaan Manajemen Pariwisata Zhangjiajie, Joe Chen pada situs desain Inhabitat.

Related posts