Bisa jadi ada tersangka lain dalam kasus Kopi Jessica

Babatpost.com – Bisa jadi ada tersangka lain dalam kasus Kopi Jessica, Lanjutan kasus sidang terdakwa pembunuhan terdakwa Jessica Kumala Wongso telah masuk hingga sidang ke-18. Puluhan saksi telah dihadirkan kehadapan majelis hakim guna.

Guru Besar Hukum Pidana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Profesor Hibnu Nugraha menilai jika persidangan kasus kematian Wayan Mirna Salihin yang kini telah mendapat perhatian publik itu terkesan dipaksakan. tersangka lain dalam kasus Kopi Jessica

“Kalau melihat sejarah penyidikannya, dari upaya paksa, perpanjangan 40 hari, sampai 120 hari itu hal yang sebetulnya menunjukkan kebingungan penyidik. Bisa dikatakan agak dipaksakan,” ujar Hibnu kepada Okezone, Selasa (6/9/2016).

Berita Terkait :  Asap di Sumatra Utara sudah sangat tidak sehat

Hibnu menambahkan, saat penyidikan, berkas penetapan tersangka Jessica juga bolak-balik dari kepolisian ke kejaksaan. Ia pun mempertanyakan adanya bukti materiil dalam kasus tersebut.

“Terkesan terburu-buru untuk diterima (berkasnya), karena mungkin publik sudah melihat seperti itu, karena kan sudah membawa lembaga. Bukti materiil itu kan bukti yang ada di TKP, parameternya, satu cara memperoleh bukti, nilai pembuktian ada korelasi tidak,” jelasnya. tersangka lain dalam kasus Kopi Jessica

Menurut dia, jika memang terjadi pembunuhan terhadap Wayan Mirna, pelakunya merupakan orang profesional. Namun, hal tersebut terkesan tak dikembangkan oleh penyidik.

Berita Terkait :  Verifikasi faktual calon Panglima TNI

“Pinternya pelaku mengilangkan bukti. Jadi pelaku ini orang wahid ini. Cuma tidak ada tindak pidana yang tidak meninggalkan bukti, nah sekarang bukti apa yang tertinggal di situ, itu yang dikaji, katakanlah racun. Kita harus melihat berbagai racun, yang membeli, yang memberikan, nah ini rupanya yang tidak menjadikan fokus,” ujarnya.

Adapun persidangan kasus dugaan pembunuhan kopi sianida itu, lanjut Hibnu, juga terkesan melebar. Ia menduga majelis hakim pun dibuat bingung atas fakta yang justru tidak tampil di persidangan.

Berita Terkait :  Sahroni apresiasi Imigrasi tindak tegas WNA langgar prokes

“Saya melihat hakimnya juga bingung itu, tidak fokus ke bukti materiil. Bisa jadi tersangka bukan Jessica karena tidak ada bukti materiil yang ditampilkan. Kemarin itu yang harus diungkap habis-habisan. Misal ada celana tidak ketemu, pembantu tidak hadir. Ini kesulitan untuk memformulasikan fakta, dan tidak tampil di persidangan. Jadi asumsi keluar semua, melebar kemana-mana,” tandasnya. tersangka lain dalam kasus Kopi Jessica

 

 

 

Bisa jadi ada tersangka lain dalam kasus Kopi Jessica

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More