Yamaha Siapkan ‘Motor Juara’ Untuk Tebus Kesalahan Kepada Valentino Rossi

  • Share

BABAT POST – Peluang Valentino Rossi meraih gelar juara dunia kesepuluh pada musim ini sudah menipis. Sama seperti balapan musim lalu. Nasib apes yang beruntun.

Rossi kini terpaut 52 poin dari pemimpin klasemen sementara Marc Marquez di empat balapan tersisa. Selain itu, The Doctor turut khawatir dengan Jorge Lorenzo yang mampu mengurangi kesenjangan poin dalam perebutan posisi runner up. Selisih Rossi dan Lorenzo kini 14 poin.

AHABET

Musim ini, Rossi sudah delapan kali naik podium. Dua balapan diantaranya Rossi tampil sebagai jawara. Namun, Rossi gagal finish di tiga balapan yakni Austin, Mugello dan Assen.

Berita Terkait :  Rossi-Dovizioso Bikin Bos Petronas SRT Gembira Usai Cetak Poin di COTA

Karena itulah Yamaha cukup menyadari performa menurun Valentino Rossi musim ini tak lepas dari banyaknya masalah yang hinggap di YZR-M1. Untuk itu, tim berlambang Garpu Tala siap menebus kesalahannya dengan menyiapkan motor juara.

Seperti dilansir media Italia, Sportfair berdasarkan laporan Sky Sports Italia, Yamaha diklaim tengah mempersiapkan M1 2017 yang dianggap motor juara. Tak tanggung-tanggung, bocoran itu datang langsung dari Masimmo Meregalli, Direktur Balap Yamaha.

JAYAPOKER

“Sejak tahun lalu motor kami selalu mengalami perkembangan. Namun untuk tahun depan motor akan mengalami evolusi yang signifikan,” kata Direktur Yamaha Movistar Massimo Meregalli seperti dilansir Motorsport.

Berita Terkait :  Toprak Razgatlioglu Tolak Tawaran Yamaha untuk Tampil di MotoGP

“Yang jelas motor ini akan bertambah kencang tanpa kehilangan tenaga di bawah. Kami juga akan mempertahankan traksi dan tenaga atas yang selama ini jadi referensi,” ucap Meregalli.

M1 2017 nantinya bakal dibenahi dari sektor sasis. Keluhan itu memang sempat diutarakan Rossi setelah menjalani pengujian di Sirkuit Brno beberapa waktu lalu.

Bagian sasis jadi fokus pengembangan bukan tanpa sebab. Selain memperbaiki kinerja pengereman M1, perubahan sasis akan menyesuaikan kinerja pembalap dengan ban Michelin yang sejauh ini cukup merepotkan serta persiapan bersaing dengan Honda dan Ducati yang tahun ini sudah melesat cukup baik.

Berita Terkait :  Petronas SRT Tak Mau Buru-Buru Tentukan Pebalap untuk MotoGP 2022

Sejauh ini, Rossi dan Jorge Lorenzo memang tertinggal dari joki Honda Marc Marquez. Bahkan rider belia Spanyol berpeluang merebut gelar ketiganya di kelas premier.

Perubahan tersebut diklaim bakal memberi dampak positif untuk Yamaha. Pasalnya, musim depan pabrikan asal Jepang bakal diisi dua rider haus kemenangan, Rossi dan Maverick Vinales.

Jika benar demikian, bukan tak mungkin Rossi bakal keluar sebagai jawara. Itu artinya, The Doctor bakal melengkapi gelar juara dunia jadi genap sepuluh dengan tunggangan yang diklaim sempurna.

Rencananya, pengujian motor tersebut pertama kalinya akan dilakukan saat pengujian Malaysia, 23-24 November mendatang.

  • Share