Beranda Gaya Hidup Perempuan Tips Merawat dan Bersihkan Alat Dapur

Tips Merawat dan Bersihkan Alat Dapur

129
0

BABAT POST –¬†Membersihkan alat dapur sangatlah penting dilakukan karena dengan alat-alat itulah anda akan mengolah aneka bahan makanan bernutrisi untuk keluarga terinta. Bayangkan jika alat dapur anda tidak higienis tentulah beragam penyakit akan mengancam kesehatan anda dan keluarga.

Merawat dan membersihkan alat dapur tentulah tidak bisa dilakukan secara sembarangan tapi harus disesuaikan dengan jenis dan bahan pembuatan alat dapur tersebut. Misalnya merawat dan membersihkan alat dapur dari kayu tentulah tidak sama dengan membersihkan alat dapur dari bahan stainless stell.

Nah, agar mudah mempraktikannya simak tips cerdas merawat dan membersihkan alat dapur berikut ini.

1. Wajan atau Pan
Sebelum menggunakan wajan baru, oleskan minyak goreng di bagian bawah agar tidak mudah kerak atau melindungi warna asli dari wajam. Sementara itu untuk penyimpanannya ada baiknya anda menyimpannya di tempat yang tergantung

2. Panci
Pada dasarnya cara membersihkan panci sama dengan wajan. Langsung cuci hingga bersih setelah pemakaian. Gunakan api dengan nyala sedang agar panci tidak mudah gosong atau berkerak. Namun ketika mendapati panci gosong atau berkerak, bersihkan dengan campuran baking soda dan air kemudian oleskan secara merata pada panci yang gosong atau berkerak tadi. Diamkan beberapa menit barulah anda bisa mencucinya hingga bersih.

3. Kompor Gas
Selalu bersihkan kompor setelah selesai memasak terutama sisa minyak yang menempel dan remah-remah makanan pada lubang keluarnya api. Untuk bekas cipratan minyak anda bisa membubuhkan tepung lalu mengelapnya hingga bersih.

4. Talenan
Usai digunakan untuk memotong daging, ikan, ayam, segeralah oleskan jeruk nipis untuk menghilangkan sisa lemak yang menempel. Setelah itu siram dengan air panas lalu cuci seperti biasa hingga bersih kemudian simpan di tempat yang kering dan bersih.

5. Pisau
Agar pisau anda tetap awet dan tajam, maka setelah menggunakan pisau segera cuci hingga bersih dan mengelapnya menggunakan tisu atau handuk kering. Jangan lupa meletakkannya dalam tempat khusus pisau.

6. Gunting
Apabila gunting anda terasa tumpul, gunakanlah untuk menggunting amplas berkali-kali dijamin akan tajam kembali.

7. Alat Makan dari Plastik
Alat makan dari plastik akan membuat bau dan kotoran lebih menempel erat dan susah dibersihkan. Untuk itu rendamlah alat makan dengan air bercampur baking soda selama 10 menit. Baru anda bisa mencucinya dengan sabun seperti biasa. Jangan lupa mengelap hingga kering sebelum disimpan.