Pesaing Honda CBR150R dan Yamaha R15 Dipastikan Akan Segera Meluncur

  • Share

BABAT POST – Akhirnya kabar bakal segera meluncurnya penjegal Honda CBR150R dan Yamaha R15 dari Suzuki makin jelas. Terkuak dokumen pengajuan uji tipe untuk GSX-R150 yang diajukan PT Suzuki Indomobil Motor di situs tpt-online Kementerian Perindustrian, per 19 Oktober 2016 lalu.

Di dalam situs tersebut, saat ini pengajuan diketahui sedang dilakukan proses. Artinya, peluncuran Sepeda Motor Sport ber-fairing itu hanya tinggal menunggu waktu, bahkan bisa jadi dalam hitungan hari.

Jika tidak ada perubahan, sumber menyatakan bahwa model ini bisa meluncur sebelum 2017, memanfaatkan ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) yang siap digeber di JCC, Senayan, November 2016 mendatang.

Berita Terkait :  IIMS 2017 Pamerkan Motor AU Dari Era Perang Dunia 2

Sebelumnya, Suzuki sudah memajang GSX-R125 di Intermot 2016 yang disinyalir kuat jelmaan GSX-R150 di Indonesia. Sumber juga menyebut bahwa GSX-R125 yang meluncur di Eropa adalah buatan dan hasil impor dari Suzuki Indonesia.

Tentu belum ada detail, namun soal desain, kuat dugaan tak akan berbeda dengan GSX-R125 versi Eropa. GSX-R150 akan mengusung styling yang mirip dengan para kakak di level 250 cc atau lebih besar.

Misalnya, gaya lampu depan yang menyatu dengan sein, atau bentukan fairing yang gagah. Rangka bakal menggunakan tipe tubular. Ukuran roda bahkan sudah terkuak, bakal menggunakan 90/80 di depan dan 130/70 di belakang, dengan diameter pelek 17 inci.

Berita Terkait :  IXOR 2016 Tetap Gunakan Pertaturan yang Sama dengan Tahun 2015

Mesin akan berbagi dengan platform yang saat ini dipakai Satria F150, DOHC dengan pendingin cairan. Dugaan lain, mesin ini juga siap dipakai Suzuki untuk menelurkan GSX 150 cc versi telanjang untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan motor sport harian.

Suzuki mengatakan bahwa GSX-R125 menjadi yang terbaik di kelasnya, baik dari sisi power-to-weight ratio, torque-to-weight ratio, akselerasi, dan konsumsi bahan bakar.

Bekal mesinnya berkapasitas 124,4 cc 1-silinder DOHC 4-katup berpendingin cairan. Tak cuma kemampuan mesin, Suzuki juga mengklaim motor ini menjadi yang paling ringan bobotnya, meski belum ada data resmi.

Berita Terkait :  Performa Yamaha Mio Z Enak Buat Cornering

Sisi pengereman diperkuat cakram dua piston di depan, dipadu suspensi depan konvesional non-adjustable. Tinggi jok 785 mm, diklaim lebih cocok untuk semua postur pengendara. Kelebihan lain, adanya fitur keyless ignition dan panel meter LCD. Lampu utama menggunakan LED.

Suzuki mengklaim bahwa bodi yang terpasang mendukung sisi aerodinamika dengan frontal area depan paling kecil di kelasnya.

Paling penting, bodyworks seperti fairing, styling, dan knalpot simpelnya diklaim siap memudahkan pengidentifikasian model yang masuk dalam keluarga GSX-R.

Suzuki memberi pilihan tiga warna, ”Metallic Triton Blue”, ”Solid Black 50% Gloss”, dan ”Brilliant White”.

  • Share