Dasyatnya Gempa Pacitan Hingga Biltar Dan Yogya

  • Share

BABAT POST – Telah terjadi gempa di pacitan hingga blitar dan yogyakarta. Kekuatan dasyat tersebut hingga daerah di luar pacitan. Semua orang yang tinggal di daerah itupun merasa kaget atas kekuatan gempanya yang menggelegar.

Gempa bumi mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim) pagi ini. Gempa yang terjadi pada pukul 07.26.44 WIB itu berkekuatan 5,2 skala Richter (SR).

Gempa Pacitanterasa hingga beberapa daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Gempanya sampai dirasakan di Wedi Klaten,” tweet pemilik akun Twitter @anistri_07, Jumat (11/11/2016).

Berita Terkait :  Berikut Kronologi Supir Angkot Yang Menabrak Supir Ojek Online

“Yogya juga terasa sekali,” tweet @Thpamuji95.

Di Jawa Timur, getaran gempa juga terasa antara lain di Karanganyar, Trenggalek, Wonogiri, Tulungagung, Ponorogo, Nganjuk, hingga Blitar.

“Trenggalek genteng terasa digoyang,” tweet @emhawahid.

BMKG menyebutkan lokasi gempa berada di 9.03 Lintang Selatan (LS) dan 11.29 Bujur Timur (BT). Atau, tepatnya berada di 96 kilometer tenggara Pacitan, Jatim.

Sementara akun Twitter BMKG @infoBMKG menyebutkan, pusat gempa berada di kedalaman laut, persisnya 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Khun mengaku merasakan getaran yang cukup kuat. Meskipun dalam durasi yang singkat, Khun mengaku kaget ketika gempa sedang berlangsung.

Berita Terkait :  Gempa 4,5 Skala Richter Guncang Medan

“Gempa kali ini getarannya terasa banget. Walaupun cuma sekitar 5 detik, tapi saya kaget. Karena saya posisi di rumah lagi kerja dengan laptop lalu lihat lemari kaca perpustakaan terguncang,” kata Khun ketika dihubungi, Jumat (11/11/2016).

Khun mengatakan, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 07.28 WIB. Menurutnya, di awal bulan November ini terjadi beberapa kali. Tapi gempa itu tidak berlangsung lebih singkat dan kecil getarannya. Khun yang tinggal di Jalan Maguwo, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini mengatakan para tetangga juga merasakan gempa.

Berita Terkait :  Dalam Kondisi Sakaratul Maut, Sepasang Suami Istri Ini Saling Bergandengan Erat

“Tetangga juga merasa ada gempa. Tapi mereka tidak sampai keluar rumah,” ujar Khun.

Di Purworejo, gempa juga turut dirasakan oleh Nanang. Hanya saja, Nanang merasakan getaran gempa yang lebih kecil.

“Saya tinggal di Jalan Jogja Kilometer 5, Purworejo. Di rumah, tadi saya rasa gempa sekitar 3 sampai 4 detik. Getarannya tidak terlalu kuat tapi kaget juga sih. Soalnya saya posisi lagi tenang di depan laptop,” ucap Nanang.

  • Share