Home Otomotif Review Spesifikasi dan Harga Yamaha Scorpio Z

Spesifikasi dan Harga Yamaha Scorpio Z

214
0
Spesifikasi dan Harga Yamaha Scorpio Z

BABAT POST – Kembali hadir meramaikan pasar otomotif di Indonesia, Yamaha mengeluarkan produk terbaru dari motor sport batangan yaitu Yamaha Scorpio Z. Motor yang merupakan salah satu penerus dari generasi sebelumnya di tahun 2002 ini, kini hadir dengan tampilan dan tentunya performa mesin yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Yamaha Scorpio Z ini rupanya bukan hanya menampilkan tampilan yang lebih sporty dan tangguh, tetapi juga dibekali dengan kapasitas mesin yang berkubikasi 255 cc. Berbagai segmen spesifikasi jelas mengenai motor besutan dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan juga harga yang dibandrol ke pasaran, silakan melihat dalam uraian berikut.

Spesifikasi Yamaha Scorpio Z

Motor yang kabarnya akan stop produksi ini dilengkapi dengan design yang lebih gagah dan kekar. Striping simple yang memiliki 3 varian warna, serta tangki yang besar dengan shroud (sayap) samping yang mengapit tangki dan dengan stang berjenis Cruise membuat motor Yamaha ini  nyaman untuk dikendarai. Lampu depan yang didesain memiliki reflektor luas dan lampu bagian belakang yang memiliki stoplamp besar memberikan tanda terang dan jelas bagi  pengendara dalam mengendarai motor baik saat malam hari.

Selain dapat digunakan untuk perjalanan perkotaan yang ramai, motor ini juga cocok dipakai untuk perjalanan jauh karena didukung oleh dimensi 2.030 x 750 x 1.095 mm dengan berat kosong mencapai 142 kg serta kapasitas tangki bensin yang sanggup menampung sebanyak 13 liter bahan bakar dengan tangki cadangan yang dapat menampung bensin sebesar 2,5 liter untuk sekali pengisian penuh.

Yamaha Scorpio Z ini mengaplikasi panel indikator RPM atau takometer yang di dalamnya memiliki putaran mesin mencapai 11.000 RPM dan didukung panel standar seperti indikator bahan bakar, indikator kecepatan, indikator trip meter, indikator gigi netral, indikator lampu dan lampu sein yang memberikan informasi informative dan mudah dibaca saat berkendara.

Kaki-kaki tangguh dan handal yang dimiliki oleh Yamaha Scorpio Z merupakan kaki-kaki berukuran besar yakni ban berukuran 80/100 pada bagian depan dan 100/90 pada bagian belakang dengan velg berukuran 18 inci dan menggunakan tipe rangka Doble Cradle yang pastinya membuat pengendara stabil dalam mengendarai motor ini. Suspensi yang digunakan adalah jenis teleskopik pada bagian depan dan monocross dengan lengan ayunan membuat handling Yamaha Scorpio Z semakin lincah dan nyaman dalam bermanuver meskipun sistem pengeremannya menggunakan piringan cakram bagian depan masih menggunakan sistem tromol.

Dapur pacu menggunakan mesin 4 langkah SOHC 2 Valve bersilinder tunggal kapasitas 223 yang memiliki angka kompresi 9.5:1 mengeluarkan tenaga maksimal hingga 13.4 kW pada 8000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 13.4 Nm pada 6500 RPM yang dibantu transmisi manual dengan multiplat 5 percepatan membuat  mudah berakselerasi. Sayangnya sistem bahan bakar masih menggunakan karburator BS30 dengan sistem pengapian CDI membuat lebih boros dan pembuangan emisi tidak bagus. Namun dengan fitur khas yang dimiliki oleh Yamaha Scorpio Z mampu meraih penghargaan The Best Handling dari Maestro Award 2009.

Harga Yamaha Scorpio Z

Sebagai salah satu motor untuk difungsikan untuk Touring atau perjalanan jauh, maka wajar jika Harga Yamaha Scorpio Z yang dibandrol pun lebih mahal dari motor bebek biasa, harganya sebesar Rp 25.000.000 untuk tipe Yamaha Scorpio Z CW dan Rp 25.500.000 untuk tipe Yamaha Scorpio Z Limited Edition sesuai harga OTR di wilayah Jakarta dan sekitarnya.