Beranda Otomotif Review Spesifikasi dan Harga Yamaha XEON RC

Spesifikasi dan Harga Yamaha XEON RC

205
0
Spesifikasi dan Harga Yamaha XEON RC

BABAT POST – Dunia otomotif yang terus berkembang sesuai dengan majunya sektor teknologi membuat pabrikan asal Jepang Yamaha berinovasi dengan sepeda motor skuter matik terbaru. Setelah sebelumnya sukses mengeluarkan sepeda motor stoker Yamaha Mio, kini Yamaha meluncurkan skuter baru bernama Yamaha XEON RC.

Yamaha XEON RC ini sejatinya merupakan motor yang diapresiasikan untuk kemenangan tim Yamaha Factory Racing pada ajang MotoGP 2012 lalu. Seperti apa inovasi yang disempatkan pada spesifikasi motor Yamaha XEON RC ini serta harga yang ditawarkan, simak ulasannya dibawah ini.

Spesifikasi pada Yamaha XEON RC

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa motor ini menggunakan mesin berkapasitas 125 cc dengan teknologi andalan YMJET-FI, kini berdesain lebih sporty dan lebih fashionable dengan 3 pilihan warna yakni Strom Black, Lumire Blue dan Velocity White. Lekukan bodi pada sisi-sisinya baik di depan, samping dan belakang yang dimiliki halus membuat motor skutik ini lebih elegan dan jok yang amat luas memberikan rasa nyaman untuk berboncengan. Dashboard bawah yang berfungsi sebagai pijakan yang dibuat dengan ukuran cukup luas berguna bagi pengendara lebih betah dan nyaman dalam berkendara.

Bagian depan lampu Yamaha XEON RC ini memiliki headlamp yang menjadi satu dengan lampu sein memiliki bentuk runcing yang terinspirasi dari pesawat tempur. Bahkan pada stoplamp di bagian belakang yang juga menyatu dengan lampu sein tersebut juga terinspirasi dari bagian belakang pesawat jet. Tentunya kedua memiliki fungsi sebagai penerangan di jalan yang jelas dan terang saat berkendara agar tetap aman dan nyaman.

Desain bagian panel indicator yang digunakan berbentuk pentagon dengan berbagai panel yang terpisah membuat dashboard speedometer skutik ini terlihat keren, informative, futuristic dan mudah dimengerti. Bagian panel indicator ini antaranya indicator trip kecepatan yang menyatu dengan trip meter serta indicator bahan bakar. Sedangkan untuk indikator lampu utama, lampu sein dan mesin memiliki tempat terpisah yang tepatnya berada di samping indikator kecepatan Yamaha Xeon RC ini dengan back light berwarna biru.

Motor Yamaha XEON RC menggunakan rangka bertipe underbone yang dipadukan dengan suspensi teleskopik pada bagian depannya serta jenis suspensi tunggal dengan unit swing arm dengan ban berukuran 70/90 pada sisi depan dan 90/80 pada sisi belakang. Untuk sistem pengereman, Yamaha Xeon RC  menggunakan tipe piringan cakram pada sisi depan ban dan tipe tromol pada bagian belakang.

Selain itu motor ini memiliki ukuran dimensi 1855 mm x 700 mm x 1070 mm dengan berat isi hanya 101 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar yang sanggup menampung 3.8 liter cukup banyak untuk menemani perjalanan jarak jauh karena skutik ini sudah memakai teknologi YMJET FI yang menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih irit 20%. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan bagasi dibawah jok cukup luas karena Yamaha Xeon RC dapat menyimpan helm half face dan barang-barang pribadi pengendara.

Mesin 4 langkah SOHC 2 valve bersama silinder tunggal kapasitas 124,86 cc membuat Yamaha Xeon RC ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 11,4 PS pada 9000 RPM dengan torsi max hingga 10.4 Nm dalam 6500 RPM yang mana disalurkan oleh  transmisi otomatis jenis V-Belt Matic. Sistem penyuplaian bahan bakar menggunakan sistem YMJET-FI yang dalam berkendara paling “Eco Riding” mampu menempuh jarak 95 km per liter dengan rata-rata konsumsi bensin menempuh jarak 65 km. Fitur unggul lainnya adalah Aerodinamic Cover Design, Sporty Striping & Dynamic Color, After-Burner Jet Tail Lamp dan Sporty Casting Wheel & Colored Pin Stripe pada Yamaha Xeon RC memberikan penampilan sporty karena memiliki warna kombinasi list velg yang tegas.

Harga Yamaha XEON RC

Harga Yamaha XEON RC untuk daerah Jakarta sesuai dengan harga On The Road (OTR) adalah sebesar Rp15.750.000.