Review Speaker Bluetooth Mungil dari Muze

  • Share

BABAT POST – Bagi anda yang ingin terlihat rapi tanpa ada kabel di meja. Anda bisa menggunakan speaker portable yang banyak dibuat dalam bentuk yang beraneka ragam. Mulai dari bentuk membulat, memanjang, berlekuk atau bahkan trapesium dan segitiga. Tentu saja hal itu melalui riset dan pengembangan yang tidak hanya sekedar berkonsentrasi pada kemampuan speaker secara keseluruhan, namun juga pada sisi estetika. Dalam kenyataannya, sifat speaker yang dapat dibawa kemana-mana, membuatnya tidak harus berbentuk kotak untuk mengimbangi desain interior ruang multimedia Anda, namun harus lebih menarik agar bisa diletakkan dimana saja dan mau tidak mau akan dilihat oleh lebih banyak orang.

Eh tapi sebelum ke sisi desain, mungkin kami harus mengapresiasi pemilihan material yang dilakukan oleh Polytron. Dalam Muze speaker ini, sejumlah bagian terbuat dari bahan plastik keras dan metal. Seperti yang telah dijelaskan di atas, keputusan ini pastinya akan berhubungan dengan jenis suara apa yang mau dipresentasikan kepada penggunanya.

Berita Terkait :  Produk Terbaru Canon Bisa Cetak Foto dari Instagram

Pemilihan bahan tadi mengakibatkan bobot speaker yang terbilang berat. Dengan subwoofer menghadap ke bawah dengan sebuah lapisan karet, maka seharusnya bobot ini akan berpengaruh kepada kualitas suara yang dikeluarkan. Strategi yang bagus namun kita belum akan mengarah ke sana.

Kembali ke sisi desain. Tanpa terlihat macam-macam, Muze dibuat layaknya speaker monitor yang ukurannya diperkecil. Dimana 2 corong speaker menghadap ke depan, ditemani dengan subwoofer XBR aresonator tepat di belakangnya dan menghadap ke belakang juga. Namun getarannya bisa terbuang ke bawah.

Berita Terkait :  Inilah Modul Kamera Terbaru DJI, Zenmuse Z3

Untuk menghindari getaran tambahan akibat permukaan meja atau tempat dimana speaker ini diletakkan, bagian bawah Muze dilapisi dengan lapisan karet.

Pada bagian atas, terdapat sejumlah tombol multimedia, Bluetooth dan tombol telepon yang mudah diakses. Sementara di bagian lain ada port audio 3.5 mm untuk aux dan slot MicroSD untuk mengakses file musik koleksi Anda.

Fungsi Speaker

Sebagai speaker, Muze memiliki dua mode, yakni Bluetooth dan auxilary untuk menghubungkan pemutar musik yang tidak memiliki fitur Bluetooth. Keduanya memberikan kualtas yang setara. Untuk ruangan berukuran 6 x 6 meter, MUZE terdengar bertenaga, meskipun di volume yang masih 50 %. Sayang ketika sudah 100 % suaranya mulai tidak nyaman didengar. Terlalu kencang dan separasi antar frekuensi pun makin tidak jelas.

Berita Terkait :  Inilah Daftar Hp Xiaomi Yang Mendapat Android Nougat

Bass tidak terlalu terdengar. Beberapa speaker Bluetooth dengan sistem subwoofer lebih besar mampu tampil lebih baik. Namun tidak untuk ukuran yang sama dengan MUZE. Kalimat tidak terlalu terdengar bukanlah omong kosong, karena bagaimanapun kita masih bisa mendengar cabikan bass di lagu-lagu slow atau dentuman bass drum di beberapa nomor dance. Hanya saja tidak stand out.

Harga                   : Rp 849.000,-
Pilihan Warna        : Hitam, gold, biru, silver, pink
Paket Penjualan    : speaker, kabel data USB-MicroUSB, kabel aux 3.5 mm ke 3.5 mm, buku manual

  • Share