6 Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu

BABAT POST – Gak cuma uang saja yang palsu, aplikasi di toko-toko online seperti Google Play dan App Store pun ternyata banyak yang palsu juga lho! Biasanya sih, aplikasi palsu itu wujudnya aplikasi belanja atau aplikasi perbankan.

Aplikasi-aplikasi palsu terutama aplikasi perbankan palsu itu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kerugian bagi yang menginstalnya. Soalnya nih, aplikasi itu biasanya sengaja dibuat untuk mencuri informasi rekening demi mendulang keuntungan finansial belaka.

Dalam Apple App Store, New York Times dan New York Post menemukan ratusan aplikasi belanja palsu. Seperti yang disebutkan oleh CNET, masalah ini juga bisa ditemui di Google Play Store.

Berita Terkait :  Samsung Galaxy Round hadir dengan layar yang melengkung

Sementara sebagian dari aplikasi-aplikasi palsu ini hanya menampilkan iklan yang mengganggu, sebagian yang lain dapat menimbulkan bahaya yang lebih besar. Aplikasi-aplikasi palsu tersebut bisa saja mengandung malware yang dapat mencuri informasi pribadi seseorang.

Selain itu, scammer juga dapat mengambil kesempatan jika pengguna aplikasi memasukkan informasi kartu kredit mereka di aplikasi palsu tersebut. Inilah beberapa tips untuk membedakan aplikasi asli dengan aplikasi palsu.

1. Periksa pembuat aplikasi
Anda harus sangat berhati-hati saat memeriksa nama pembuat aplikasi. Para penipu biasanya menggunakan nama serupa dengan pembuat aplikasi asli. Misalnya, Overstock.com adalah aplikasi asli dan Overstock Inc adalah pembuat aplikasi palsu.

Berita Terkait :  Kisah sang pendiri WhatsApp

2. Periksa review di App Store atau Play Store
Aplikasi yang sebenarnya biasanya memiliki ribuan review. Sementara aplikasi palsu biasanya tidak memiliki review sama sekali.

3. Lihat tanggal rilis aplikasi
Aplikasi palsu biasanya memiliki tanggal rilis yang relatif baru. Sementara aplikasi asli biasanya hanya menampilkan tanggal update terakhir. Misalnya, aplikasi Overstock palsu baru saja dirilis pada tanggal 26 Oktober tahun ini.

4. Periksa kesalahan pada nama dan deskripsi
Kebanyakan dari aplikasi palsu ini datang dari Tiongkok. Mengingat bahasa Inggris bukan bahasa ibu mereka, perhatikan apakah ada kesalahan pada nama dan deskripsi aplikasi.

Berita Terkait :  BitTorrent Resmi Rilis Aplikasi Bleep

5. Waspada akan aplikasi yang menawarkan diskon
Jika aplikasi menawarkan diskon besar yang terdengar mustahil, berhati-hatilah. Karena kemungkinan, aplikasi tersebut hanya bermaksud menipu.

6. Pastikan Anda mengunduh aplikasi resmi
Ketika Anda hendak mengunduh aplikasi tertentu, Anda bisa mengunjungi situs resminya. Cari tombol atau ikon yang menawarkan untuk mengunduh aplikasi mereka. Hal ini akan membawa Anda ke aplikasi resmi dari situs tersebut di App Store atau Play Store.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More