LG Merilis Kulkas yang Bisa Diperintah Pakai Suara

BABAT POST – Kelak, peran pembantu akan makin digusur peranti pintar. Salah satu peranti penggusur itu adalah kulkas keluaran LG. LG memanfaatkan ajang Consumer Electronics Show 2017 untuk memamerkan produk kulkas atau lemari pendingin terbarunya. Namun, ini bukanlah produk biasa, melainkan sebuah kulkas pintar yang dibekali dengan sistem operasi webOS dan asisten digital Alexa.

“Lemari es door-in-door ini akan membuat pemilik menikmati pengalaman yang belum pernah didapatkan sebelumnya pada pemilikan sebuah lemari es,” ujar Song Dae-Hyun, Presiden LG Home Appliance & Air Solutions Company, dalam keterangan pers, Senin (9/1/2017).

OS webOS tersebut diaplikasikan di sebuah layar berbentang 29 inci yang dinamakan Instaview. Dengan mengetukkan jari sebanyak dua kali, layar akan masuk ke mode transparan, di mana pemakai nantinya bisa langsung mengintip ke dalam kulkas.

Berita Terkait :  Fitur baru, Google Maps sekarang bisa di gunakan tanpa koneksi internet

Kulkas pintar ini, tentunya, bisa terhubung ke internet. Nantinya, melalui layar Instaview, pengguna bisa mencari resep, mendengarkan musik, mengecek cuaca, dan bahkan berbelanja online. Nantinya fitur-fitur tersebut bisa dikontrol menggunakan suara dengan memanfaatkan Alexa.

Ada juga fitur yang dinamakan Smart Tag yang membuat pengguna dapat menempelkan catatan digital pada layar yang berisi daftar seluruh bahan makanan berikut tenggat kadaluarsanya. Pengguna juga nantinya bisa membuat memo untuk diletakkan di layar Instaview tersebut.

Berita Terkait :  Samsung Keluarkan Prosesor Exynos 8890 di Bulan Desember 2015

Uniknya lagi, bila pengguna tak sedang berada di rumah, tetap saja dapat mengetahui berbagai bahan makanan yang tersimpan dalam lemari es ini. Hal tersebut dapat dilakukan karena LG menempatkan kamera 2MP dengan sudut pengambilan lensa lebar dalam kabin penyimpan untuk mengambil gambar dari berbagai sudut. Hasil penjepretan dapat dlihat melalui smartphone.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh LG InstaView ini adalah keberadaan panel layar sentuh dengan bentang 29 inci pada salah satu bilah pintu. Ketukan sebanyak dua kali pada bilah pintu akan mengaktifkan layar pada pintu lemari es pintar ini. Untuk membuatnya menjadi perangkat pintar, LG menambahkan sambungan Wifi.

Berita Terkait :  Produk Apple akan Dijual di Toko LG, Samsung Protes!  

Sedangkan pemasangan teknologi Alexa Voice Search dari Amazon membuat lemari es ini dapat menjadi asisten pribadi yang akan memudahkan pemiliknya untuk melakukan manajemen penyimpanan bahan makanan dalam lemari es. Alexa dalam lemari es ini akan mampu membantu pemiliknya untuk mencari resep masakan, memainkan musik hingga memesan berbagai bahan makanan melalui amazon.com. Alexa bahkan mampu menyuguhkan pemilik lemari es pintar ini informasi cuaca.

Sayangnya, LG tidak membeberkan kapan perangkat ini bakal hadir di pasaran. Harganya pun masih menjadi misteri.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More