Semarak Perayaan Lunar New Year Bagi Seluruh Warga Tionghoa Di Dunia

  • Share

Babatpost.com – Hari ini 28 Januari 2017 merupakan hari yang berbahagia bagi seluruh warga China yang ada di Dunia. Karena hari ini Sabtu bertepatan dengan tahun Baru China atau Chinese Lunar New year. Tahun ini menurut perhitungan china merupakan tahun ayam api.

Chinese Lunar New Year resmi jatuh pada hari ini, Sabtu, 28 Januari 2017. Untuk kebanyakan warga China, Lunar New Year adalah satu-satunya liburan sepanjang tahun. Senan biasanya perayaan tahun baru dirayakan dengan menyalakan kembang api serta petasan yang jumlahnya tak terhitung.

Menurut zodiak China, mereka yang lahir pada tahun Ayam Jantan merupakan orang-orang yang berani, bertanggung jawab, dan tepat waktu.

Berita Terkait :  Hasil Liga Inggris : Liverpool 4-1 Stoke City

Berdasarkan berita yang dilansir oleh ABC, Sabtu ini di Beijing, perayaan Lunar New Year dirayakan dengan sangat meriah sekali. Hal itu dibuktikan dengan lebih dari satu juga warga China menyalakan kembang api sehingga membuat Negara China seakan-akan berada dalam posisi perang. Bunyi letusan petasan dan kembang api terdengar di seluruh penjuru negeri, dimulai dari gang-gang kecil, jalan raya, hingga taman publik .

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun kali ini pemerintah lebih membatasi penggunaan kembang api dan petasan untuk mencegah terjadinya masalah. Pemerintah sengaja membatasi petasan dan kembang api yang dimaksudkan agar tidak terjadi kabut asap. Namun warga tetap diizinkan berkerumun dan merayakan di jalan raya.

Berita Terkait :  Pasca 40 Tahun Kematiannya, Bayang-bayang Mao Zedong Masih Tetap Membayangi China

Di Hong Kong, puluhan ribu orang memadati jalanan untuk menyaksikan parade di jalan raya. Mengikuti kebiasaan lama, ratusan juta orang akan berkumpul di depan televisi untuk menonton CCTV Spring Festival Gala, sebuah acara yang berlangsung selama lebih dari empat jam dengan tampilan sandiwara, musik, dan tari. Sejak ditayangkan pada tahun 1983, acara tersebut selalu menjadi favorit saat Lunar New Year.

Tak hanya China saja yang merayakan dengan penuh kemeriahan, Australia pun ikut memeriahkan Lunar New Year tahun ini. Tepatnya kawasan tepi pantai Sydney Harbour akan dihiasi oleh 12 lampion yang melambangkan zodiac dalam China. Sedangkan di Sydney Opera House dan Harbour Bridge akan dihiasi cahaya merah. Lebih dari satu juta orang diharapkan hadir dalam festival yang akan berlangsung selama dua pekan. Dan perayaan ini akan menjadi perayaan terbesar menyambut Lunar New Year diluar Asia.

  • Share