Beranda Teknologi Gadget Review: Xiaomi Mi Mix

Review: Xiaomi Mi Mix

Iklan

BABAT POST – Secara keseluruhan, Xiaomi mampu menghadirkan sebuah ponsel flagship yang bisa bersaing di kelas smartphone premium, dan Mi Mix merupakan buktinya.

Namun, perusahaan masih memiliki banyak hal yang harus diperbaiki. Bagi kami, beberapa hal yang dapat Xiaomi perbaiki adalah antarmuka MIUI8 yang dapat ‘dipoles’ lebih baik.

Tak hanya itu, kamera yang lebih mumpuni untuk sebuah smartphone terbaik pun selayaknya Xiaomi sematkan di dalam ponsel ini. Sayangnya, Xiaomi melupakan hal tersebut dan terlalu fokus di kemampuan hardware dan estetika tampilan ponsel agar terlihat premium.

Akan tetapi, mengesampingkan kemampuan kamera yang di bawah ekspektasi, Mi Mix merupakan sebuah smartphone premium yang memanjakan penggunanya yang mencari performa hardware terbaik dari sebuah smartphone berkelas.

Desain

Mi Mix tidak terlihat seperti smartphone kebanyakan. Mengusung konsep bezel-less, ponsel ini cukup ‘ramah’ di mata dan tampak sederhana.

Tak hanya itu, balutan bodi ponsel berbahan keramik ini pun semakin membuatnya terkesan sangat ‘wah’ tak kalah menarik dengan bodi iPhone 7.

Layar

Seperti disebutkan di atas, Mi Mix memiliki layar berukuran 6,4 inci dengan perbandingan panel 17:9–di ponsel biasanya 16:9–dan beresolusi 2040 x 1080 piksel.

Dari segi tampilan, layar Mi Mix mampu menghadirkan gambar yang cukup cerah dan berwarna. Saat kami menggunakan di dalam ruangan atau di luar ruangan, layar Mi Mix tetap menampilkan gambar detail.

Hardware

Dua kata paling tepat untuk menjelaskan kemampuan hardware Mi Mix yaitu super cepat. Bagaimana tidak, Mi Mix sudah menggunakan prosesor terbaik dari Qualcomm, Snapdragon 821. Tak hanya itu, performa ponsel pun semakin kencang karena didongkrak oleh RAM 4GB.

Software

Mi Mix merupakan salah satu seri ponsel pertama Xiaomi yang tampil dengan antarmuka (User Interface) MIUI 8 dengan sistem operasi masih di Android 6.0.

Jika dibandingkan, UI yang Xiaomi tampilkan tampak mirip dengan antarmuka di iOS. Hal ini terlihat jelas dengan daftar aplikasi terkini (recent apps .red) dan halaman utama yang semakin dibuat sederhana.

Kamera

Walau memiliki performa yang luar biasa dan tampil dengan desain premium, Mi Mix memiliki kelemahan di sektor kamera. Ya, memang Mi Mix hadir dengan sensor kamera 16MP, namun kualitas yang dihasilkan oleh ponsel yang dianggap flagship ini cukup mengecewakan.