Beranda Advetorial Tips Memilih GPS Mobil Untuk Keamanan Maksimum Kendaraan Anda

Tips Memilih GPS Mobil Untuk Keamanan Maksimum Kendaraan Anda

BERBAGI
Advertisement BabatPost.com

BABAT POST – Perkembangan dunia yang memasuki ranah digital, mengharuskan kita untuk memilih segala sesuatu yang serba instan. Tidak terkecuali masalah pemetaan. Dahulu, untuk melakukan perjalanan agar tidak tersesat, orang harus menggambar peta secara konvensial, bahkan terkadang menandai pohon, hingga mengikuti arah angin yang berhembus.

Memasuki era digitalisasi seperti saat ini, cara-cara tersebut sudah lama ditinggalkan. Para ilmuwan gencar mengembangkan teknologi pemetaan berbasis digital atau yang biasa kita sebut sebagai Global Positioning System (GPS).

Penggunaan GPS dapat dengan mudah kita temui dalam berbagai lini kehidupan. Mulai dari mendeteksi koordinat lokasi kita berada dan mencari lokasi tujuan, membantu meningkatkan keamanan mobil dari tindak pencurian, hingga memantau posisi kendaraan operasional perusahaan. Semua dapat dilakukan dengan GPS.

Berdasarkan kegunaannya, GPS terbagi menjadi dua, yaitu GPS Navigasi dan GPS Tracker. GPS Navigasi berupa sebuah gadget yang memiliki layar untuk menampilkan lokasi. GPS Navigasi berperan sebagai pemandu jalan dari lokasi pengemudi menuju lokasi yang hendak dituju.

Cara kerja GPS Navigasi mirip seperti aplikasi google maps pada android. Untuk instalasi GPS Navigasi adalah di tempat yang mudah terlihat oleh pengemudi. Dengan syarat tidak mengurangi/mengganggu konsentrasi pandangan pengemudi terhadap jalanan di hadapannya. Harga GPS mobil beraneka macam, mulai dari harga ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Sedangkan, GPS Tracker berguna untuk memantau posisi mobil/kendaraan yang dipasangi perangkat GPS. Perletakan GPS Tracker sebaiknya di tempat tersembunyi pada mobil. Hal ini berguna apabila kendaraan/mobil hendak dicuri, pencuri tidak akan tahu kalau kita sedang memantau kendaraan yang dicurinya.

Selain itu, GPS Tracker juga berguna bagi Anda yang memiliki usaha di bidang jasa ekspedisi, rental mobil, dan biro perjalanan travel. Dengan adanya GPS Tracker, Anda dapat memantau aset-aset perusahaan Anda dimanapun kapanpun melalui PC maupun android.

Cara kerja dari GPS Tracker adalah dengan memanfaatkan sinyal GPRS pada kartu GSM yang disematkan dalam perangkat GPS Tracker. Dari tempat/lokasi yang berbeda, Anda dapat melakukan missed call pada nomer GSM tersebut.

Setelah beberapa saat, Anda akan menerima SMS yang berisikan koordinat mobil/kendaraan yang dipasangi perangkat GPS. Selanjutnya Anda dapat melakukan tracking kendaraan dengan cara memasukkan koordinat yang diterima ke dalam google maps/google earth pada PC/android.

Sebelum memutuskan membeli GPS Navigasi atau GPS Tracker, penting bagi Anda untuk menyimak poin-poin penting dalam memilih perangkat GPS, diantaranya:

  1. Untuk kartu GSM yang digunakan, usahakan memilih kartu GSM yang memiliki jaringan sinyal GPRS yang stabil dengan biaya yang murah
  2. Pilihlah penyedia layanan kartu GSM yang memiliki call center yang cepat tanggap jika kita mengalami masalah dalam pelacakan lokasi kendaraan
  3. Pilihlah perangkat GPS yang memiliki ekstra fitur lainnya, misal menghidupkan dan mematikan mesin melalui SMS dan rekam jejak perjalanan mobil/kendaraan. Semakin banyak fitur yang Anda ingin dapatkan, semakin mahal juga harga GPS ditawarkan
  4. Pilihlah perangkat GPS murah dan berkualitas dari toko terpercaya. Selain itu, perangkat GPS juga memiliki garansi apabila terjadi kerusakan
  5. Pilihlah perangkat GPS dari toko terpercaya yang bersedia melakukan pemasangan/instalasi secara gratis. Karena biasanya pemasangan GPS membutuhkan setting khusus dari ahlinya.

Tips Pemasangan GPS Navigasi & GPS Tracker di Mobil Anda

Untuk pemasangan, sebaiknya pilih tempat yang memungkinkan dapat melihat dengan jelas untuk perangkat GPS Navigasi, dan untuk GPS Tracker pilihlah tempat tersembunyi yang benar-benar terhindar dari pencuri mengetahui lokasi pemasangan. Selain itu, untuk pemasangan sebaiknya Anda perhatikan untuk jenis kendaraan yang Anda miliki, pilihlah tempat yang praktis yang juga fungsional.

Selain tempat pemasangan yang tepat, untuk setting GPS juga harus dengan cara yang tepat. Salah satunya untuk setting GPS Navigasi harus diperhatikan cara menyetel dengan benar dan tepat.