Facebook Akan Rilis Fitur Lowongan Kerja

  • Share

BABAT POST – Facebook merupakan salah satu perusahaan media sosial online serta layanan jejaring sosial. Kabarnya facebook akan meluncurkan layanan terbarunya yakni Workplace.

Platform Workplace ini dikabarkan bebas iklan dan tidak terhubung ke akun Facebook yang ada. Pengguna dapar mendaftar sebagai organisasi. Organisasi bisnis dikenakan biaya, sedangkan untuk organisasi seperti sekolah dan organisasi nirlaba gratis.

Perusahaan media sosial online ini menciptakan versi yang sangat berbeda dari layanan jejaring sosial Facebook sendiri. Tak seperti Facebook, Workplace akan membantu dan memudahkan Anda melakukan pekerjaan dengan baik dan benar.

Berita Terkait :  Terlalu berisik, Remaja pengguna Facebook pindah ke Twitter

Julien Codorniou, kepala Workplace di Facebook mengatakan bahwa tujuannya tak lain adalah untuk “menghubungkan semua orang” di segala macam tempat kerja – dari para profesional sampai dengan karyawan yang tidak memiliki email atau komputer. Barista di sebuah kedai kopi, pekerja lapangan untuk amal bencana dan bantuan, penjual di toko pakaian atau orang membuat perangkat elektronik di sebuah pabrik.

Facebook akan menjadi rival baru bagi jejaring sosial pekerja profesional LinkedIn. Pasalnya, perusahaan-perusahaan yang memiliki Page di Facebook kini bisa menerbitkan lowongan kerja, sama seperti salah satu fitur di LinkedIn.

Berita Terkait :  Facebook Merilis Alat Pencegah Informasi Tidak Tepat

Perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS) mulai hari ini, akan bisa menerbitkan lowongan kerja di Page dan News Feed. Fitur ini muncul setelah sebuah hasil survei Facebook menunjukkan pemilik bisnis kecil di AS kesusahan menemukan karyawan yang cocok dengan keinginan mereka.

“Mereka (pelaku bisnis kecil di AS) menempatkan hal itu lebih dahulu daripada mendapatkan konsumen baru dan penjualan,” kata Wakil Presiden Periklanan Facebook, Andrew Bosworth.

Cara kerja fitur ini pun cukup sederhana. Ketika lowongan kerja sudah diterbitkan di Page, siapa pun pengunjung laman tersebut bisa melihat opsi untuk melamar lowongan itu. Untuk mempercepat proses, Facebook akan menampilkan informasi pelamar seperti nama dan lokasi yang sesuai dengan profil mereka. Perusahaan bisa merespons lamaran pekerjaan yang masuk melalui Messenger.

Berita Terkait :  Facebook Uji Coba Fitur GIF didalam komentar

Jika ingin lowongan kerjanya mencapai demografi khusus, perusahaan harus mengeluarkan biaya. Selain itu, lowongan kerja juga akan tampil di News Feed pengguna jika mereka menyukai Page perusahaan tersebut.

Sejalan dengan peluncuran fitur ini, tab “Jobs” akan muncul di opsi More di aplikasi mobile Facebook dan lowongan kerja juga bisa diakses melalui Facebook.com/jobs di desktop.

  • Share